Pemudik Rela Berjubel di Posko Covid-19 Ciamis Berburu SIKM Supaya Bisa Balik ke Jakarta

Gugus Tugas Covid-19 Ciamis hanya menerbitkan surat keterangan tanda sudah selesai menjalani masa pemantauan isolasi mandiri.

(TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI)
Pemudik berdatang ke Posko Covid-19 Ciamis untuk mengurus SIKM, Jumat (29/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS – Pascalebaran, Posko Covid-19 Ciamis kedatangan para pemudik yang memohon surat izin keluar masuk (SIKM) untuk pulang kembali ke Jakarta dan sekitarnya. Mereka rela antre berjam-jam.

“Padahal kami tidak mengeluarkan SIKM, itu kan kewenangan Pemprov DKI,” Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Ciamis, Hj Helmi kepada Tribun di Posko Covid-19 Ciamis, Jumat (29/5).

Sejak hari kerja pertama usai libur lebaran, Selasa (26/5) sampai Jumat (29/5) para pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek terus berdatangan ke Posko Covid-19 Ciamis untuk mendapatkan SIKM.

Bahkan sampai berjubel dan harus antre seperti terjadi Jumat (29/5). Para pemudik harus rela antre, menunggu di halaman Posko Covid-19 Ciamis. tentunya dengan tetap jaga jarak dan pakai masker. Duduk di kursi yang sudah di sediakan di halaman posko tersebut.

Karena tidak berwenang mengeluarkan SIKM (surat izin keluar masuk) namun Gugus Tugas Covid-19 Ciamis hanya menerbitkan surat keterangan tanda sudah selesai menjalani masa pemantauan isolasi mandiri.

“Hari ini sampai siang ini sejak pagi, sudah 84 pemohon. Kemarin (Kamis, 28/5) ada 68 orang. Sementara Rabu (27/5) 24 orang dan Selasa (26/5) sebanyak 20 orang. Setiap hari berdatangan terus. Kami hanya bisa mengeluarkan surat keterangan, itupun harus ada pengantar dari RT/RW,” katanya.

Ini Cara Membuat SIKM

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan telah mengeluarkan Pergub Bernomor 47 tahun 2020, yang mengatur tentang SIKM.
”Termasuk sanksi berupa denda,” katanya.
Kemudian mengenai SIKM ini terdiri dari 2 jenis yakni surat sekali keluar masuk dan SIKM berulang.
”Dokumen ini dapat di buat dengan warga kuningan yang memiliki KTP atau keterangan berdomisili di Jakarta,” ujarnya.
Mengenai proses pembuatan yakni caranya mengakses situs Pemda DKI corona.jakarta.go.id kemudian mengisi formulir yang disediakan.
Kemudian, pendaftar mempersiapkan sejumlah persyaratan yang bisa anda baca di situs tersebut.
Denda Tak Main-main

Siapapun yang mau keluar ataupun masuk wilayah Jabodetabek harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Hal ini sesuai dengan aturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadapi pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved