Cara Desa Pabean Ilir Indramayu Sikapi Penerima Bantuan Ganda Diapresiasi Kemensos: Bisa Jadi Solusi

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemensos meminta setiap kepala desa bijak dalam menyelesaikan KPM yang menerima bantuan ganda.

Istimewa
Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM), Asep Sasa Purnama saat melakukan monitoring di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Rabu (27/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial (Kemensos), Asep Sasa Purnama menilai upaya yang dilakukan aparatur Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu mengatasi penerima bantuan ganda sudah tepat.

Asep Sasa Purnama mengatakan, dalam mengatasi persoalan tersebut pemerintah desa lebih memilih mengubah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) melalui musyawarah desa.

Sedangkan KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos tidak diubah.

"Hasil musyawarah desa memutuskan bahwa KPM BST tidak berubah, sedangkan data KPM BLT Dana Desa yang dirubah," ujar dia saat melakukan monitoring dan supervisi BST di Kabupaten Indramayu, Rabu (27/5/2020).

Menurut Dirjen PFM, pola yang diterapkan pemerintah Desa Pabean Ilir ini bisa menjadi solusi menyelesaikan permasalahan data ganda antara KPM BST dan KPM BLT DD.

"Tadi kita juga menghimbau kepada Kepala Desa Pabean Ilir dan Camat Pasekan agar memperhatikan arahan Presiden terkait BST, memahami regulasinya, dan mempersiapkan data KPM BST dengan baik," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemensos meminta setiap kepala desa bijak dalam menyelesaikan KPM yang menerima bantuan ganda.

Kemensos Minta Para Kades di Indramayu Teliti Soal Data KPM, Kalau Ganda Diwajibkan Lakukan Hal Ini

BST Kemensos Tahap Dua Dijamin Cair Juni 2020, Masyarakat Terdampak Covid-19 di Indramayu Siap-siap

Asep Sasa Purnama mengatakan, kepala desa sebaiknya mengubah data KPM Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ketimbang mengubah KPM Bantuan Sosial Tunai (BST).

Hal ini dilakukan karena untuk penggantian KPM BLT Dana Desa relatif lebih mudah apabila dibandingkan mengganti KPM BST.

Halaman
123
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved