Virus Corona

Tentang Operasional Sekolah di Tahun Ajaran Baru, Pemprov Jabar Masih Tunggu Kemendikbud

Disdik Jabar sendiri memiliki kewenangan penuh terkait kegiatan pendidikan di sekolah tingkat SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Jabar.

Tribun Jabar - Tribunnews.com
Gedung Sate 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Pemprov Jabar masih menunggu arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terkait rencana kebijakan pembukaan kembali sekolah di tengah Pandemi Covid-19.

Rencana pembukaan kembali sekolah ini mulai ramai diperbincangkan menyusul beredarnya kabar terkait rencana pemulihan aktivitas masyarakat berdasarkan kajian awal Kementerian Koordinator Perekonomian.

Semua kegiatan di tengah pandemi ini disesuaikan dengan rencana penerapan new normal atau kondisi normal yang baru di semua aktivitas masyarakat, sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam kajian awal tersebut disebutkan sejumlah fase pemulihan aktivitas masyarakat, salah satunya rencana pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah dengan sistem sif pada 15 Juni mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan pihaknya belum mengambil keputusan terkait rencana pembukaan kegiatan pendidikan di sekolah tersebut.

"Kita masih menunggu kebijakan dan arahan dari pusat, belum ada keputusan terkait hal itu (rencana pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah," kata Wahyu di kantornya, Selasa (26/5).

Wahyu mengatakan Disdik Jabar telah melakukan pembahasan terkait dengan sejumlah persiapan terkait mekanisme pembukaan kembali kegiatan pendidikan di sekolah di tengah Pandemi Covid-19.

"Kalau pembahasan sih sudah, kita sudah bahas soal persiapan terkait mekanisme dan penerapan kebijakannya, seperti mengatur jarak antar siswa dan sebagainya. Namun, soal kapan pemberlakuannya, kita tetap menunggu arahan kebijakan pusat," ujarnya.

Pemprov Jabar dalam hal ini Disdik Jabar sendiri memiliki kewenangan penuh terkait kegiatan pendidikan di sekolah tingkat SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Jabar.

Setelah menerapkan pembelajaran secara online, kegiatan pendidikan sudah masuk pada tahap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK, dan SLB mulai dari tahapan pendaftaran hingga seleksi yang juga digelar secara online untuk menghindari kerumunan. (*)

Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved