Covid 19 di Kuningan

Selama Bulan Puasa Damkar Kuningan Habiskan Sebanyak 805.000 Liter Cairan Disinfektan

Titik yang menjadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan itu meliputi sarana umum, tempat ibadah dan sejumlah fasiltas pelayanan publik

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Petugas UPT Pemadam Kebakaran Kuningan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalur sekitar Pasar Ciawigebang, Kuningan, Kamis (30/4/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Di masa Pandemi Covid-19 ini, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kuningan tak hanya bertugas memadamkan api.  Tapi punya tugas tambahan yaitu menyemprotkan cairan disinfektan.

Selama Bulan Ramadan, cairan disinfektan yang sudah disemprotkan sebanyak 805.000 liter.

 “Tindakan itu selama kegiatan dalam upaya percepatan penanganan Covid 19,” ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi saat menyampaikan kepada Tribuncirebon.com, Sabtu (23/5/2020).

Titik yang menjadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan itu meliputi sarana umum, tempat ibadah dan sejumlah fasiltas pelayanan publik serta lembaga pendidikan.

“Selama ini kami melakukan penyemprotan terhadap sebanyak 131 desa, untuk masjid atau musala ada sebanyak 105 titik,” katanya.

Kemudian untuk jalan poros desa atau jalan lingkungan ada sebanyak 136 dan sebanyak 87 kantor pemerintahan desa dan kecamatan. ”Serta untuk sebanyak 147 bangunan pendidikan atau sekolah,” ungkapnya.

Ucapan Permohonan Maaf Menyentuh Hati Jelang Lebaran, Tepat Dikirim pada Orangtua, Copy Paste Saja!

Download Video Ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri 2020, Kirim Kepada Orang Terkasih & Kerabat

Nih Kata-kata Kreatif Ucapan Lebaran Idul Fitri Biar Semakin Menarik, Kirim untuk Keluarga & Sahabat

Khadafi menjelaskan, satu unit kendaraan dinas (Randis, red) damkar dengan kapasitas 4.500 liter membutuhkan cairan Disinfektan sebanyak 50 sampai dengan 60 Liter.

Mengenai alokasi biaya, kata dia,  tiap unit kendaraan dinas damkar sebesar Rp 350.000. “Biaya itu belum termasuk solar atau bensin serta biaya operasional untuk anggota damkar sendiri,” katanya.

Jika dilakukan penghitungan untuk 1 randis damkar per satu kali jalan menghabis kan 20 Liter solar. ”Jadi per satu kendaraan dinas damkar kapasitas 5- 7 orang  personil Rata2 biaya yang dihitung hanya Rp 500 ribu,” ungkapnya.

Mengenai sumber anggaran dalam kegiatan tersebut, kata dia, ada yang diberi dari anggaran penanganan Covid 19 dan ada juga yang langsung menyesuaikan dari alokasi operasional kebakaran. “Namanya juga tugas,  yang penting dilaksanakan,”katanya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved