Siap-siap Sholat Idul Fitri di Rumah, Ini Bahan untuk Khutbah Singkat dari Kemenag Purwakarta

MUI dan Kementerian Agama RI menganjurkan umat Muslim menjalankan shalat Idul Fitri 2020/1441 H di rumah baik sendiri atau berjemaah

Express.co.uk
Salat Idul Fitri 

TRIBUNCIREBON.COM -   Inilah Contoh khutbah singkat Shalat Idul Fitri 2020/1441 H di rumah sesuai anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI dan Kementerian Agama RI menganjurkan umat Muslim menjalankan shalat Idul Fitri 2020/1441 H di rumah baik sendiri atau berjemaah untuk memutus rantai penularan virus corona atau COVID-19.

Banyak umat Muslim bertanya-tanya masihkah wajib ada khutbah saat shalat Idul Fitri di rumah?

Jawabnya, shalat Idul Fitri di rumah boleh pakai khutbah boleh tidak. Sama-sama sah.

Bagi yang ingin ada khutbah shalat Idul Fitri di rumah tak usah bingung.

Berikut ini khutbah Idul Fitri berjudul Ujian Iman di Balik Ujian Wabah Virus Corona yang dibuat oleh Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.

اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر، اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر اللهُ أَكْبَر. اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلهِ كثيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ أَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ ، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّد وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنا مُحَمّدٍ أَمَّا بَعْدُ: فَيَاَيُّهَا اْلإخْوَانُ، أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ اْلعَظِيْمُ.

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar Walillahilhamd

Sidang Id Rohimakumullah

Pada saat ini kita semua patut bersyukur bahwa bulan suci Ramadhan baru saja kita lalui bersama dengan baik meski suasana Ramadhan dan 1 Syawal 1441 H hari ini lain dari pada yang lain. Kita semua memang sedang diuji oleh Allah dengan mewabahnya virus Corona yang sangat berbahaya sehingga banyak amal ibadah yang lazimnya kita jalankan dengan berjamaah di masjid, seperti shalat lima waktu, shalat Jumat, shalat tarawih dan shalat Idul Fitri, tetapi dalam suasana seperti ini semua ibadah itu kita laksanakan di rumah sesuai dengan petunjuk dari para ulama dan umara yang berwenang.

Halaman
1234
Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved