Virus Corona Mewabah

Beredar Informasi Ada 40 Pedagang Pasar Antri Positif Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes Kota Cimahi

Beredar informasi di beberapa Whatsapp Grup terkait adanya pasien yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 40 orang di Kota Cimahi

Institut Kesehatan Nasional / AFP
Gambar ini diperoleh 12 Maret 2020, milik National Institutes of Health (NIH) / NIAD-RML menunjukkan gambar mikroskop elektron transmisi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS, karena partikel virus (benda bulat emas) muncul dari permukaan sel yang dikultur di lab, paku di tepi luar partikel virus memberi coronavirus nama mereka, seperti mahkota. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNCIREBON.COM, CIMAHI - Beredar informasi di beberapa Whatsapp Grup terkait adanya pasien yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 40 orang di Kota Cimahi, Rabu (20/5/2020).

Informasi tersebut tersebar melalui media sosial WhatsApp Group. Dalam pesan yang tersebar itu menyebutkan ada sejumlah warga di yang dinyatakan positif Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengatakan bahwa informasi yang beredar mengenai 40 orang positif di Pasar Antri tidak benar.

Dua Pekerja di Yogyakarta Ini Reaktif Pada Rapid Test Corona, Malah Nekat Pulang ke Sukabumi

" Jadi kami memang sudah melakukan SWAB tes kepada tersebut Saat 78 orang pedagang di Pasar Antri Cimahi. Jadi masih menunggu hasilnya, biasanya 14 hari, tapi semoga hasil ini keluarnya lebih cepat,"katanya saat dihubungi Tribun Jabar, Jumat (22/5/2020).

Pada pesan berantai tersebut, dituliskan bahwa jumlah yang positif tersebut diperoleh dari hasil Rapid test, namun Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengatakan bahwa pihaknya melakukan SWAB tes bukan Rapid test.

Isi pesan Whatsapp yang beredar ialah "Ass ka rekan" nu aya di group iyeu hindari ke pasar antri ,ada hasil rapid test masal kepada 50 orang dengan hasil 40 orang positif,..tinggal menunggu hasil swab test nya mudah"an hasil nya negatif,...ke 40 orang yg positif skrang sdh di Rs Dustira ,...jadi mohon hati-hati".

Pasien Positif Covid-19 di Kota Cimahi Bertambah

Hingga Kamis (21/5/2010), jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Kota Cimahi, terus bertambah.

Kota Cimahi, saat ini berstatus zona merah Covid-19 dengan level empat.

Harjono, selaku Kepala Dinas Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan Kota Cimahi mengatakan bahwa di Kota Cimahi terdapat penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif.

"Jumlah terkonfirmasi positif saat ini ada 75 orang, positif aktif 52 orang, yang sembuh 20 orang, dan meninggal 3 orang," kata Harjono, Jumat (22/5/2020).

H-2 Idulfitri Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Botol Miras Hasil Razia Lima Bulan

Harjono menjelaskan, penambahan tersebut berasal dari Cigugur sebanyak 1 orang dan dari Melong sebanyak 1 orang. Kedua orang tersebut dirawat di dua rumah sakit yang ada di Kota Bandung.

Sementara, untuk pasien yang dinyatakan sembuh ialah satu orang yang PDP positif dari Kelurahan Cipageran.

Setelah dinyatakan sembuh, orang tersebut menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved