Virus Corona di Indramayu

Soal Boleh atau Tidak Warga Indramayu Tunaikan Salat Idul Fitri Berjamaah: Tunggu Arahan Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Indramayu belum memutuskan apakah umat Islam di Indramayu boleh menggelar Salat Idul Fitri 1441 Hijriah berjamaah di masjid.

SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
SALAT IDUL ADHA - Ribuan umat Islam melakukan salat Idul Adha 1439 H di Masjid Agung Jamik hingga meluber ke Alun-alun Merdeka Kota Malang, Rabu (22/8/2018). Salat Idul Adha di Masjid Agung Jamik Kota Malang diimami pengasuh Pondok Pesantren Al Amanah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu belum memutuskan apakah umat Islam di Indramayu boleh menggelar Salat Idul Fitri 1441 Hijriah berjamaah di masjid atau tidak.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, regulasi tentang hal tersebut masih digodok dan akan secepatnya disampaikan kepada masyarakat.

"Kita masih mengevaluasi lagi karena kita harus mendengar masukan-masukan juga dari seluruh elemen masyarakat terutama alim ulama baik itu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), maupun Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di masing-masing wilayah di Kabupaten Indramayu," Selasa (19/5/2020).

Karena untuk regulasi yang berkaitan dengan kegiatan agama harus disikapi dengan bijak.

Dalam hal ini pemerintah masih mendengar masukan-masukan dari berbagai pihak dengan menyandingkan antara kesehatan dan kegiatan agama.

"Akan ditentukan 1-2 hari kedepan, nanti setelah kita mendengarkan semua masukan nanti akan kami putuskan," ujar dia.

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat menambahkan, sebelum keluarnya regulasi tersebut Pemerintah Kabupaten Indramayu masih mengacu pada Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir Dan Salat Idul Fitri Saat Covid-19.

Di dalamnya dijelaskan, Salat Idul Fitri disunahkan dilaksanakan di tanah lapang, masjid, musala, dan tempat lainnya.

Namun untuk memutus rantai penyebaran virus corona, pemerintah mengimbau masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid).

Adapun pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan, seperti memperpendek bacaan salat dan pelaksanaan khutbah.

"Dalam hal peribadatan, sementara ini kami mengacu pada Fatwa MUI, sambil menunggu arahan dari pemerintah pusat," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved