Hari Raya Idulfitri 1441 H

MUI Jabar Imbau Warga Salat Idulfitri di Rumah Saja, Takbiran pun di Rumah Saja

"Masyarakat yang daerah penyebaran virus koronanya belum mereda agar melaksanakan takbiran dan salat Idulfitri 1441 H di rumah."

Express.co.uk
Salat Idul Fitri 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat Rachmat Syafei menggelar konferensi pers di Kantor MUI Jabar, Jl RE Martadinata, Selasa (19/5/2020).

"Di tengah pandemi Covid 19 saat ini, sebagai upaya pencegahan, sebaiknya melakukan salat Idulfitri di rumah saja," kata Rachmat Syafei.

Imbauan MUI Jabar tersebut merujuk pada fatwa MUI Pusat No 28 tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan salat Idul Fitri saat pandemi Covid 19 dan rekomendasi Gubernur Jawa Barat tentang salat sunah Idulfitri di rumah.

"MUI telah mengeluarkan fatwa yang diharapkan bisa menjadi pedoman bagi umat muslim untuk menggelar Salat Idulfitri tahun ini di rumah."

"Masyarakat yang daerah penyebaran virus koronanya belum mereda agar melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri 1441 H di rumah."

"Bagi mereka yang tinggal di daerah penyebaran virus yang sudah mereda, bisa melaksanakan ibadah tersebut secara bersama-sama baik di masjid maupun lapangan," katanya.

Rachmat mengatakan bahwa daerah yang terbebas Covid 19 harus dibuktikan dengan tidak adanya warga yang terpapar.

Ia menyebutnya sebagai wilayah yang terkendali.

Rachmat meyakini untuk mendapatkan kepastian terkait hal tersebut, tidak mudah ditambah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai bahwa di Jabar saat ini tidak ada yang masuk zona hijau.

"Jika ada warga yang tetap  salat Idulfitri bersama-sama di masjid atau lapangan, supaya tetap mematuhi protokol covid-19.  Itu memberatkan, jadi lebih baik di rumah saja," katanya.

Ia menegaskan bahwa menjaga mafsadat untuk masyarakat lebih besar pahalanya dibanding salat sunah Idulfitri.

Meskipun kurang afdol, tapi masyarakat akan mendapat keutamaan karena menghindari kerusakan bagi masyarakat.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved