Breaking News:

Covid 19 di Purwakarta

50 WNA Asal China Pekerja Proyek Kereta Cepat KCIC di Sukatani Purwakarta Akan Jalani Tes Swab

Deni mengaku penyebaran wabah corona di Purwakarta ini menurun selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

Editor: Machmud Mubarok
Humas Jabar
Ilustrasi tes swab. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, PURWAKARTA - Tim gugus tugas Covid-19 Purwakarta melalui Dinas Kesehatan akan melakukan swab tes terhadap 50 warga negara asing (WNA) pekerja kereta cepat Indonesia-Cina (KCIC) yang berada di Malangnengah, Sukatani.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengaku pihaknya telah lakukan rapid tes di Pasar Jumat dan didapatkan ada satu orang yang reaktif samar. Satu orang tersebut merupakan seorang guide (pemandu) dari WNA, namun WNA tersebut dinyatakan negatif.

"Tadinya hari ini rencana ingin ke Malangnengah, Sukatani untuk lakukan swab tes terhadap guide yang tinggal di sana. Kemungkinan besok pagi kami akan swab tes terhadap seluruh WNA pekerja KCIC di sana," katanya, Senin (18/5/2020).

Deni mengatakan sudah ada 2.500 orang lakukan rapid tes sejauh ini. Dari jumlah tersebut 59 orang di antaranya reaktif.

Adapun tren penyebaran Covid-19 di Purwakarta, Deni mengaku penyebaran wabah corona di Purwakarta ini menurun selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Kalau yang positif trennya selama PSBB stagnan, karena pelaksanaan swab tes dilakukan sebelum PSBB dan hasilnya keluar setelah adanya PSBB. Kenapa lambat penyembuhannya? Karena hasil swabnya lambat dan cenderung orang yang positif swab itu berulang positif kembali karena mereka tak penuhi instruksi untuk isolasi," katanya. 

Ribuan Pengunjung yang Tengah Belanja Berhamburan Saat Penggerebekan Dua Toko Busana di Indramayu

Bacaan Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri & Keluarga, Dilengkapi Doa Penerima Zakat

Belajar dari Rumah di TVRI Nanti Malam Film Iqro: My Universe, Dibintangi Aisha dan Maudy Koesnaedi

Rapid Test

Dinas Kesehatan Purwakarta telah lakukan rapid tes ke sejumlah titik, seperti di Dinas Kesehatan, Perumahan Usman, Perumahan Griya Asri, Perumahan Citalang, Pasar Jumat, Bakorwil, hingga Pasar Rebo.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan pelaksanaan rapid tes kembali dilakukan di Pasar Rebo pagi tadi dengan peserta sebanyak 50 orang secara acak baik pedagang maupun pembeli.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved