Virus Corona Indramayu

Bansos Tahap Pertama Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Indramayu Mulai Didistribusikan

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, ada sebanyak 24.914 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bakal menerima bantuan ini.

handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat saat meninjau lokasi gudang rice center PD BWI di Kecamatan Losarang, Jumat (15/5/2020) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Bantuan Sosial Pemerintah Kabupaten Indramayu tahap pertama mulai didistribusikan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bantuan tahap pertama ini didistribusikan mulai tanggal 15-23 Mei 2020 dan akan terus berlanjut selama 3 bulan, yakni Mei, Juni, dan Juli 2020.

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, ada sebanyak 24.914 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bakal menerima bantuan ini.

Jumlah tersebut diluar penerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

"Kita terus lakukan verifikasi, jika masih ada yang belum tercover dipanyaluran pertama ini. Kita akan evaluasi dan lakukan verifikasi susulan," ujarnya saat meninjau kesiapan logistik di Rice Centre Losarang, Jumat (15/5/2020).

Taufik Hidayat mengatakan, melalui bantuan sosial dari pemerintah Kabupaten Indramayu ini masyarakat akan menerima bantuan senilai Rp 500 ribu.

Dengan rincian, Rp 350 ribu berupa sembako yang terdiri dari beras 20 kilogram, makanan kering 1 kaleng, ikan olahan 1 pak, kecap 1 buah, minyak goreng 1 buah, dan mie instan 8 bungkus, serta uang tunai sebesar 150 ribu.

Diduga Skimming, Dana Sejumlah Nasabah Bank Mandiri Hilang dari Sebuah ATM di Bintaro

Ucapan Hari Raya Idulfitri 2020 Bahasa Indonesia dan Inggris, Cocok untuk Keluarga dan Sahabat

Paket sembako yang diberikan merupakan olahan dari PD BWI yang sekaligus perusahaan ketahanan pangan milik pemerintah Kabupaten Indramayu.

"Beras yang dibagikan ke masyarakat juga merupakan beras hasil serapan dari para petani Indramayu, serta adanya olahan ikan yang merupakan hasil dari produk UMKM yang ada di Kabupaten Indramayu," ujar dia.

Taufik Hidayat berharap, bantuan sosial dari Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu ini dapat membantu dan meringankan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda.

Sementara itu Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda 2), Maman Kostaman menambahkan, pembiayaan kegiatan bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten Indramayu berdasarkan hasil refocusing APBD tahun 2020.

Total anggaran yang disediakan pemerintah, yakni sebesar Rp37.712.940.000 untuk 3 bulan penyaluran.

Jadwal dan Link Live Streaming Belajar dari Rumah TVRI Besok, Sabtu 16 Mei 2020, Cek Selengkapnya

UPDATE Kasus Covid-19 di Indonesia, Jumat 16 Mei 2020: Bertambah 490 Kasus Baru, Total 16.496 Kasus

Dalam mekanisme penyalurannya sendiri akan dilakukan melalui gudang rice center dan akan diantar ke titik distribusi desa dan kelurahan yang kemudian akan diantar ke rumah KPM yang terdata.

"Dalam penyalurannya, kita melibatkan petugas kecamatan, desa, Babinsa dan Babinkamtibmas," ujarnya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved