TPU Cikutra Longsor

Puluhan Makam di TPU Cikutra Tergerus Longsor, Baru 5 Jasad Ditemukan, Langsung Dikuburkan Kembali

Dari 14 makam itu, banyak jenazah yang tertimbun dan perlu pencarian‎. Yang sudah ditemukan ada sekira lima jenazah yang dikuburkan kembali.

TribunJabar.id/Mega Nugraha
Petugas dan warga mengurus kembali jenazah yang terbawa longsoran di tebing TPU Cikutra, Sabtu (2/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

 TRIBUNCIREBON.COOM, BANDUNG - ‎Puluhan makam di area tempat pemakaman umum (TPU) Cikutra tergerus aliran anak Sungai Cidurian di Kelurahan Negla‎sari Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

Pantauan Tribun, makam yang tergerus berada di pinggir sungai dan berada di tebing-tebing di atas aliran sungai. Longsoran bahkan menutupi sebagian anak sungai. Makam yang tergerus ada di blok E dan blok F.

"Total ada 29 makam yang tergerus di blok E dan F. Termasuk di lahan pribadi di dekat blok F," kata Sumpena Kepala UPT Wilayah 3 Distaru Kota Bandung, di TPU Cikutra, Sabtu (2/5/2020).

Aliran Sungai Cidurian debitnya deras pascahujan deras pada Jumat (1/5/2020). Aliran deras itu menggerus tebing yang ada tempat makamnya.

"Jadi makam yang tergerus longsor lalu tertimbun longsor ada sekira 14 makam dan 15 makam lainnya harus dipindahkan," katanya.

Dari 14 makam itu, banyak jenazah yang tertimbun dan perlu pencarian‎. Yang sudah ditemukan ada sekira lima jenazah yang dikuburkan kembali.

"Jadi makamnya tergerus lalu tertimbun material pasir. Ada juga satu jenazah yang hanyut katanya sudah dibawa ke RSHS Bandung," ujar Sumpena.

Netizen Kuningan Berduka Atas Meninggalnya Rochman Petugas Banpol, Sering Bantu Seberangkan Warga

Kasus Corona di China Makin Menurun, Tak Lagi Masuk Daftar 10 Negara Terbanyak Kasus Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil: Jutaan Data KK Ternyata Ngaco, Bantuan Belum Datang Karena Masalah Data

Dari 29 itu, ada sembilan makam di lahan milik pribadi di dekat blok F. Posisi makamnya di tebing di atas Sungai Cidurian. Material longsorannya hingga menutup sebagian badan sungai.

"Dari sembilan makam yang tergerus dan tertimbun longsor, yang baru ketemu baru tiga jenazah," ujar Doni, petugas TPU Cikutra.

Anggota keluarga pemilik lahan makam itu tampak menyaksikan longsoran dan mengevakuasi jenazah yang hilang.

"Yang ketemu itu ada orang tua saya dan mertua," ujar Galih. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved