Breaking News:

Kabar Kim Jong Un Meninggal

Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal, Penasihat Presiden Korsel: Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat

Adapula desas-desus negatif terkait kondisi kesehatannya, bahwa KimJong Un tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi jantung.

AFP/KCNA VIA KNS/STR
Foto yang dirilis oleh kantor berita KCNA pada 1 Januari 2020 memperlihatkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan Partai Buruh, di mana dia mengumumkan penghentian moratorium penghentian uji coba senjata. 

TRIBUNCIREBON.COM - Berita terkait meninggalnya Kim Jong Un ramai dibicarakan publik setlah kurangnya penampilan Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di depan publik sejak awal April ini.

Adapula desas-desus negatif terkait kondisi kesehatannya, bahwa KimJong Un tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi jantung.

Menanggapi isu ini, Penasihat Kebijakan Luar Negeri senior untuk Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae in, yakni Moon Chung in telah menepis kabar yang menyoroti kesehatan Kim ini.

Ia mengatakan bahwa sejauh yang diketahui Korsel, Kim dalam kondisi baik-baik saja.

"Posisi pemerintah kita tegas, dan (saya memastikan bahwa) Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April lalu, sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi (oleh kami)," kata Chung in, pada hari Minggu kemarin waktu Seoul.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (27/4/2020), rumor mengenai kondisi kesehatan Kim memang mulai beredar sejak pekan lalu, setelah ia melewatkan perayaan publik terkait peringatan ulang tahun kakeknya sekaligus pendiri Korut Kim Il-sung, pada 15 April lalu.

Desas-desus menyebar begitu cepat ke media Barat setelah adanya laporan dari CNN dan sebuah surat kabar online berbahasa Inggris berbasis di Korsel yang didanai oleh National Endowment for Democracy, Daily NK.

Media tersebut melaporkan bahwa Kim Jong Un tengah berada dalam 'kondisi sulit' setelah menjalani operasi jantung.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang telah menjalin komunikasi dengan Kim di tengah diskusi yang sedang berlangsung terkait program senjata nuklir Korut, mendoakan agar kondisi Kim baik-baik saja.

Ia pun menyebut laporan CNN 'tidak benar' dan hanya berdasar pada 'dokumen lama'.

Halaman
12
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved