Pelarangan Mudik

Jokowi Melarang Mudik, Puluhan RIbu Warga Perantau Ciamis dari Zona Merah Tetap Pulang Kampung

Mereka itu adalah pelaku atau pemudik. Dan ada juga orang (umumnya masih ada hubungan keluarga) yang terimbas kedatangan pemudik

handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Ilustrasi Para pemudik yang melintas di Jalur Arteri Pantura Kabupaten Indramayu, Kamis (23/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS - Gugus tugas Covid-19 Ciamis mencatat sampai hari pertama bulan Ramadan, Jumat (24/4) total jumlah pemudik dari daerah zona merah yang sudah pulang ke Ciamis sebanyak 31.296 orang.  Ada penambahan sebanyak 850 orang dibanding sehari sebelumnya.

Memasuki bulan puasa ternyata jumlah pemudik pulang ke Ciamis kembali meningkat tajam, di atas angka 500 orang per hari, yakni sebanyak 850 orang. Padahal hari-hari sebelumnya selama seminggu terakhir hanya di kisaran di bawah angka 500 orang.

Kehadiran pemudik dari zona merah ini cukup mengkhawatirkan mengingat dua hari lalu, penambahan 6 orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang terpaksa diisolasi di ruang khusus rumah sakit adalah pemudik atau warga setempat yang sempat kontak dekat dengan pemudik (keluarga). Yakni tiga orang pada hari Selasa (21/4) dan 3 orang PDP lagi pada hari Rabu (22/4).

Menurut juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan MM ke-6 orang PDP baru tersebut sebelumnya adalah orang dalam pemantauan (ODP).  

“Mereka itu adalah pelaku atau pemudik. Dan ada juga orang (umumnya masih ada hubungan keluarga) yang terimbas kedatangan pemudik,” ujar dr Bayu Yudiawan kepada Tribun Jumat (24/4).

Dari total 31.296 yang sudah masuk Ciamis  dan kategori migrasi dalam pemantauan (MDP) sampai Jumat (24/4) siang tersebut, menurut dr Bayu sebanyak 25.499 orang sudah menjalani masa MDP-nya sedangkan 5.797 orang pemudik lainnya masih dalam pantauan (MDP).

Pelanggan 900 VA nonsubsidi & 1.300 VA Terpilih Akan Dapat Diskon dari PLN & YCAB, Begini Alurnya

Seorang Artis Meninggal Dunia karena Terinfeksi Virus Corona, Demam Sejak 3 April, Kondisi Memburuk

Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per Jumat (24/4) sudah menembus angka 1.766 orang ada bertambah 21 orang dibanding hari sebelumnya. Dari 1.766 ODP tersebut sebanyak 1.583 orang sudah melewati masa ODPnya dan 183 orang lainnya masih dalam pantauan.

Jumlah orang yang terkonfirmasi positip Covid-19 di Ciamis masih tiga orang. Dua orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan seorang lagi masih menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan  per Jumat (24/4) pukul 12.00 siang tetap 28 orang. Seebanyak 18 orang sudah menyelesaikan masa PDP-nya diantaranya lima orang meninggal dunia. Sedangkan  yang sudah sembuh sebanyak 13 orang. Sepuluh orang lagi masih menjalani masa PDP-nya.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved