Breaking News:

Kekejaman KKB Papua

TNI Tembak Mati Komandan KKB Papua Tandi Kogoya, Pria Meresahkan itu Baru Bebas dari Tahanan

Keduanya diyakini aparat terlibat dalam penembakan tiga karyawan Freeport yang menewaskan karyawan kewarganegaraan Selandia Baru

Facebook/TPNPB
Daftar Korban Dalam Perburuan KKB Papua Setahun Terakhir 

TRIBUNCIREBON.COM, JAYAPURA - Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati salah satu komandan Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB OPM, 9 April lalu.

//

Dalam insiden itu, ditangkap pula satu mata-mata OPM yang menjadi security atau satpam di PT Freeport.

Komandan OPM yang tewas itu adalah Tandi Kogoya sementara security PT Freeport yang menjadi mata-mata OPM bernama Indius Sambom alias Ivan Sambom.

"Ivan Sambom ini selain ‎selain mata-mata TPN-OPM, merangkap pula sebagai pegawai secuirty PT. Freeport Indonesia," ujar Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw dalam keterangannya, Kamis (16/4/2020) di Polda Papua.

Ivan Sambom dan Tandi Kogoya diyakini aparat terlibat dalam penembakan tiga karyawan Freeport yang menewaskan karyawan kewarganegaraan Selandia Baru di Kuala Kencana, Mimika, Papua pada 30 Maret lalu.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4/2020) mengungkapkan Tandi Kogoya merupakan Komandan Batalyon Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau TPNPB-OPM Kodap VIII Kemabu Intan Jaya.

Tandi Kogoya tewas bersama Manu Kogoya setelah baku tembak dengan Satgas TNI-Polri yang menyergap di sebuah rumah kayu di Jalan Trans Nabire, Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika, pada Kamis, 9 April 2020.

Keduanya juga diduga kepolisian terlibat penembakan yang menewaskan karyawan PT Freeport Indonesia asal negara Selandia Baru, Graeme Thomas Wall.

"Anggota KKB yang dilakukan tindakan tegas hingga meninggal dunia adalah Tandi Kogoya. Dia komandan Batalyon TPNPB Kodap VIII Kemabu Intan Jaya," kata Paulus.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved