Breaking News:

Makan di Restoran, Dua Keluarga Ini Tertular Virus Corona Meski Sudah Jaga Jarak, Ini Penyebabnya

2 keluarga terinfeksi virus corona gara-gara di restoran tersebut terdapat satu pasien positif corona meski mereka sudah menjaga jarak.

TRIBUNCIREBON.COM- Salah satu hal yang digiatkan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah social disatancing, yang kemudian berubah menjadi physical distancing.

Melalui seruan ini, setiap orang diminta menjaga jarak dengan orang lain khususnya ketika berada di tempat umum.

Jarak yang disarankan adalah 1-2 meter.

Ketentuan ini kemudian diaplikasikan oleh beberapa pihak, tidak terkecuali restoran.

Pihak restoran biasanya sengaja mengosongkan beberapa meja agar terdapat jarak di antara meja-meja yang digunakan pelanggan.

Namun, apakah cara tersebut sudah mampu mencegah penyebaran virus corona? Kasus yang terjadi di Guangzhou, China, pada akhir Januari lalu ini akan mendorong kita menjawab tidak.

Sebab 2 keluarga terinfeksi virus corona gara-gara di restoran tersebut terdapat satu pasien positif corona meski mereka sudah sama-sama menjaga jarak.

Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut ini uraiannya.

Anggota Legislatif Fraksi PDIP Berikan Nasi Kotak & Masker Gratis Kepada Warga Terdampak Covid-19

Sebuah studi terhadap 10 kasus virus corona dari tiga keluarga yang makan di restoran yang sama di China selatan menunjukkan bahwa pendingin udara bisa membantu transmisi tetesan di antara pengunjung maupun karyawan.

"Aliran udara yang kuat dari AC bisa merambatkan droplet," tulis penelitian yang didasarkan pada kasus infeksi di kota Guangzhou, China pada akhir Januari.

Halaman
12
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved