Breaking News:

Virus Corona

PSBB Diberlakukan di Kota Bogor, Padahal Kota Bandung Peringkat Pertama Penyebaran Covid-19 di Jabar

Jikapun Kabupaten Sumedang masuk Bandung Raya, daerah ini berada di urutan 13 dengan jumlah positif aktif sebanyak 3 pasien.

Editor: Mumu Mujahidin
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melayani pertanyaan wartawan di Gedung Negara Pakuan Bandung, Senin (12/8). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kementerian Kesehatan RI menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor.

Pembahasan mengenai PSBB di Bandung Raya baru akan dibahas pekan depan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan PSBB di Jawa Barat diberlakukan lebih dulu di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi, (Bodebek), karena letaknya yang bersebelahan dengan Jakarta dan juga aktivitas masyarakatnya yang erat dengan Jakarta sebagai episentrum penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Namun demikian, berdasarkan data di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 (Pikobar) pada Minggu (12/4), tercatat bahwa dari total 421 pasien positif Covid-19 di Jabar, Kota Bandung memiliki jumlah pasien positif Covid-19 urutan pertama di Jabar, yakni 67 pasien positif aktif.

Barulah setelahnya di urutan kedua adalah Kota Bogor dengan 41 pasien positif, Kota Depok 40 pasien positif, Kota Bekasi 33 pasien, Kabupaten Bogor 29 Pasien, dan Kabupaten Bekasi 23 pasien.

Urutan selanjutnya adalah Kabupaten Bandung dengan 14 pasien positif aktif, dan Kabupaten Bandung Barat serta Kota Cimahi masing-masing 12 pasien positif.

Jikapun Kabupaten Sumedang masuk Bandung Raya, daerah ini berada di urutan 13 dengan jumlah positif aktif sebanyak 3 pasien.

Jika dibandingkan totalnya secara regional, wilayah Bodebek memang yang paling besar jumlah pasien positif aktifnya, yakni 166 orang, sedangkan di Bandung Raya ada 108 pasien positif aktif.

Diduga Gara-gara Asmara Siswa SMA Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi, Ketahuan Setelah Ditelepon

Rempah Termahal di Dunia Saffron, Miliki Segudang Khasiat,Termasuk Mengobati Diabetes dan Depresi

Ridwan Kamil mengatakan para kepala daerah di wilayah Bodebek akan berkoordinasi dengannya dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Minggu (12/10).

"Besok Senin dan Selasa adalah persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat terdampak. Kemungkinan Rabu atau Kamis, penerapan PSBB akan dimulai," kata Ridwan Kamil melalui akun instagramnya, Minggu (12/4).

Semua masyarakat di Bodebek, katanya, diminta menaati semua aturan PSBB.

Logistik pangan dan bantuan sosial juga akan dibagikan bersamaan dengan dimulainya PSBB.

"Insya Allah dengan kekompakan para pemangku kepentingan wilayah Jabodetabek, yang merupakan kluster 70 persen penyebaran virus Covid-19, maka masalah ini bisa dikendalikan dengan lebih baik dan terukur," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved