Virus Corona di Kuningan

Rumah Dinas Sekda Kuningan yang Akan Digunakan sebagai Karantina Tenaga Medis Jarang Dipakai

Rumah dinas berluas lahan 1.371 meter persegi dianggap menjadi lokasi strategis untuk karantina.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Petugas Jaga menunjukkan kondisi interior rumah dinas Sekda Kuningan yang jauh dari permukiman warga Kelurahan Cijoho, Kamis (9/4/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, yang terletak di Jalur RE Martadinata selama ini ternyata jarang ditinggali. Belakangan, rumah itu akan dialihfungsikan menjadi tempat karantina tenaga medis yang menangani pasien terpapar Covid-19 di RS Citra Ibu.

Rumah dinas berluas lahan 1.371 meter persegi dianggap menjadi lokasi strategis untuk karantina. Pasalnya, rumah dinas yang terletak Kelurahan Cijoho tersebut jauh dari permukiman warga.

Seorang petugas jaga di rumah dinas, Hendra, mengatakan rumah dinas ini tidak banyak di gunakan. "Bapak tinggal di rumah pribadinya," kata Hendra yang juga Anggota Polisi Pamong Praja Kuningan, Kamis (9/4/2020).

Namun, Dian Rachmat Yanuar juga pernah ke rumah dinas di waktu tertentu. "Paling juga digunakan untuk rapat dan menerima tamu saat kunjungan," ujarnya.

Hendra menunjukkan beberapa ruangan di rumah dinas tersebut. "Ini kamar Pak Sekda kalau sewaktu-waktu berada di sini," ucapnya.

Mengenai rencana untuk karantina tenaga medis, Hendra mengatakan sudah mendengar kabarnya. "Memang betul infonya rumdin akan jadi karantina," ujarnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Ditunda Hingga Besok, 11 April 2020, Berikut Syarat & Cara Pendaftarannya

PSBB DKI Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini, Cek 5 Faktanya, Aturan Ojol Hingga Sanksi Bagi Pelanggar

Peringatan DIni Cuaca Ekstrem, Hari Ini DKI Jakarta Berpotensi Hujan Lebat, Angin Kencang & Petir

Meski tidak banyak meubeler di rumah dinas tersebut, namun ada foto pelantikan sekda terpasang di tembok ruangan tengah.

Sebelumnya, Bupati Kuningan, Acep Purnama, menyiapkan sejumlah tempat sebagai lokasi karantina petugas medis. Hal itu menyusul dengan pengoperasian Rumah Sakit Citra Ibu yang akan mengerjakan dokter dan sejumlah perawat untuk menangani pasien Covid-19.

“Tempat karantina untuk dokter nanti bisa rumah dinas sekda. Kemudian bagi perawat lainnya, bisa ditempatkan di Hotel Asakinah yang berada di Desa Manis Kidul, BLK, yang di Cikaso, dan hotel milik saya, yang jauh lebih sempurna sebagai lokasi karantina,” ungkap Acep di sela persemian Rumah Sakit Citra Ibu sebagai lokasi medis menangani pasien terpapar Covid-19, Rabu (8/4/2020). (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved