Ada Pelangi di Atas Bukit di Cisolok Sukabumi Sehabis Hujan, 5 Menit Kemudian Terjadi Longsor

Bahkan hingga tebing longsor dan menutupi sekitar 3 hektare area persawahan, pelangi di atas bukit tersebut masih ada.

Istimewa
Pelangi yang muncul sebelum terjadi longsor di Cisolok, Sukabumi. 

Laporan kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Sebelum tebing setinggi 150 meter di Desa Cicadas, Kedusunan Cisuren, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, longsor, sempat muncul fenomena pelangi menghiasi atas tebing tersebut.

Fenomena pelangi tersebut sempat menghiasi atas tebing setinggi 150 meter yang mengalami longsor seusai diguyur hujan hampir selama tiga jam.

Bahkan hingga tebing longsor dan menutupi sekitar 3 hektare area persawahan, pelangi di atas bukit tersebut masih ada.

"Sebelum longsoran, sempat terjadi hujan deras sekitar tiga jam, seusai diguyur hujan, fenomena alam berupa pelangi tiba-tiba muncul di atas bukit itu," kata Andri Firmansyah petugas BPBD Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (9/4/2020).

Setelah hampir selama lima menit pelangi muncul, tebing setinggi 150 meter itu longsor dan menutupi area persawahan yang ada di bawahnya.

"Bahkan setelah longsor terjadi pelangi yang ada tepat di atas bukit tersebut masih sempat terlihat jelas, namun selang 10 menit kemudian pelangi itu menghilang secara perlahan," katanya

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman mengatakan, terjadinya fenomena pelangi setelah hujan merupakan hal yang biasa, karena diakibatnya adanya pembiasan cahaya yang mengenai partikel hujan.

"Wallahualam atas adanya kaitan bencana longsor dan pelangi itu, tapi yang jelas fenomena alam itu memang hal yang biasa ketika setelah terjadi hujan dan muncul pelangi," ujarnya.

 Longsor di Sukanagara Cianjur, Motor Tertimbun Longsor, Pengendara Nyaris Tewas

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved