Pemda Indramayu Siapkan Gedung Karantina di STAI Sayid Sabiq Indramayu Untuk Para ODP Covid-19

Pemerintah Kabupaten Indamayu menyiapkan Gedung Karantina untuk menampung para Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Gedung Karantina untuk ODP Covid-19 di STAI Sayid Sabiq Indramayu di Jalan Raya Panyindangan Wetan Indramayu, Senin (6/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indamayu menyiapkan Gedung Karantina untuk menampung para Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Gedung Karantina itu akan dipusatkan di STAI Sayid Sabiq Indramayu di Jalan Raya Panyindangan Wetan Indramayu.

Bumil di Kuningan yang Akan Melahirkan Diduga Terpapar Corona, Sempat Dikunjungi Suami dari Jakarta

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, Gedung Karantina ini sengaja disiapkan agar pemantauan terhadap para ODP bisa lebih terkoordinir.

"Pemerintah daerah berniat menyediakan tempat karantina dan alhamdulillah kami difasilitasi oleh STAI Sayid Sabiq di sini," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Senin (6/4/2020).

Si Kecil Suka Pilih-pilih Makanan? Lakukan 5 Trik Jitu Ini Agar Anak Anda Mau Makan

Berprofesi Dokter, Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvati Mengenakan APD Lengkap, Didukung Rara Sekar

Deden Bonni Koswara mengatakan, di Gedung Karantina tersebut pemerintah daerah bakal menyediakan sebanyak 160 tempat tidur atau bed.

Selain itu, pemerintah daerah juga akan melengkapi fasilitas penunjang lainnya bagi para ODP, seperti kebutuhan sehari-hari mereka selama masa karantina, dan sejumlah fasilitas lainnya.

Dalam mematangkan rencana tersebut, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan Plt Bupati Indramayu serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk pembahasan selanjutnya.

Jumlah PDP Meningkat, DPK Korpri Kuningan Salurkan Logistik dan APD ke Tim Crisis Center Covid-19

"Tempat karantina ini sedang kita siapkan dan kita akan adakan simulasi dan rapat dengan forkopimda," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Yayasan STAI Sayid Sabiq Indramayu, Sayid Sabiq mengatakan, pihaknya turut mendukung upaya pemerintah tersebut dengan menyediakan tempat karantina.

"Untuk alat-alat penunjangnya nanti akan disediakan oleh pemerintah dan kita juga akan ada sedikit direnovasi untuk standarisasi kesehatan," ujar dia.

Mengizinkannya gedung STAI Sayid Sabiq digunakan untuk gedung karantina, disebutkan Sayid Sabiq sehubungan dengan adanya kebijakan belajar di rumah.

BREAKING NEWS ASN Distan Kabupaten Cirebon Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Alat Masin Pertanian

Ketimbang tidak terpakai, pihaknya pun memfasilitasi gedung setempat untuk dijadikan tempat karantina sehingga bisa lebih bermanfaat.

"Kita fasilitasi semua kelas, karena di sini juga pemukiman warga jauh, akses rumah sakit dekat, juga dekat dengan Dinas Kesehatan," ujarnya.

"Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membantu, kita juga ingin ambil bagian membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi virus corona ini," lanjut Sayid Sabiq.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved