Virus Corona di Cirebon

Nih Cara Batalkan Pemesanan Tiket Kereta Api Selama Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, calon penumpang kereta api membatalkan pemesanan tiketnya.

Tribun Jabar/Siti Fatimah
Sejumlah pengunjung tengah mengantre di loket pemesanan tiket di Stasiun Kereta Api, Senin (3/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, calon penumpang kereta api membatalkan pemesanan tiketnya.

Bahkan, PT KAI memastikan akan mengembalikan bea tiket 100 persen di luar bea pemesanannya.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan, pengembalian bea tersebut bisa dilakukan secara tunai ataupun dengan transfer rekening bank.

"Dalam hal pembatalan tiket, ada dua jenis diantaranya, karena kereta apinya tidak beroperasi sementara atau dikarenakan keinginan penumpang," kata Luqman Arif melalui pesan singkatnya, Sabtu (4/4/2020).

Namun, pihaknya memastikan dua jenis pembatalan itu bea pembelian tiketnya akan dikembalikan 100 persen.

Ia mengatakan, bagi penumpang terdampak perjalanan kereta api yang dibatalkan bisa melakukan pembatalan mulai hari H jadwal keberangkatan yang tertera di tiketnya hingga 30 ke depan.

Pembatalan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access paling lambat tiga jam sebelum jadwal KA, ataupun di seluruh stasiun online hingga H+30.

"Di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon ada 13 stasiun online yang melayani pembatalan tiket karena perjalanan kereta apinya dibatalkan," ujar Luqman Arif.

Di antaranya, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Arjawinangun, Stasiun Haurgeulis, Stasiun Terisi, Stasiun Pegaden Baru, Stasiun Babakan, Stasiun Losari, Stasiun Tanjung, Stasiun Brebes, Stasiun Ciledug, dan Stasiun Ketanggungan.

Sementara pembatalan tiket atas keinginan calon penumpang tetapi kereta apinya masih beroperasi, bea tiketnya juga dikembalikan 100 persen.

"Calon penumpang bisa membatalkan tiketnya 100% melalui KAI Access paling lambat 3 jam sebelum jadwal keberangkatan atau di stasiun pembatalan, paling lambat 30 menit sebelum jadwal yang tertera di tiketnya," ujar Luqman Arif.

Selain itu, pembatalan tersebut bisa juga dilakukan di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, dan Stasiun Jatibarang.

Menurut Luqman, bea pembelian tiket kereta api tersebut akan dikembalikan paling lambat 30 hari setelah proses pembatalan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved