Setiap Hari 5.000 Perantau Pulang ke Kota Tasikmalaya, Datang dari Zona Merah Langsung Jadi ODP

Hingga saat ini, tambah Budi, pasien positif Covid-19 masih sebanyak 6 orang, PDP sebanyak 12 orang dan 373 orang lainnya berstatus ODP.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ilustrasi pemeriksaan perantau yang baru pulang ke Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNCIREBON.COM, TASIKMALAYA - Warga perantau yang kembali ke Kota Tasikmalaya mencapai 5.000 orang setiap harinya. Hal itu diketahui setelah Pemkot mendirikan posko pemeriksaan di delapan titik perbatasan.

"Setiap hari Posko memeriksa hampir 700 orang perantau yang pulang. Kalau ada delapan Posko berarti minimal 5.000 orang setiap harinya yang masuk," kata Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, di Bale Kota, Jumat (3/4).

Delapan Posko pemeriksaan orang masuk di perbatasan itu mulai beroperasi Selasa (31/3) dan Jumat (3/4) ini sudah memasuki hari ketiga.

Para pemudik yang datang dari zona merah, lanjut Budi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, langsung didata nama dan alamatnya dan ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

"Pemudik yang datang dari zona merah ini masih dalam taraf rekapitulasi data dari delapan pos. Jumlahnya diperkirakan akan banyak," kata Budi.

Para pemudik dari zona merah dan langsung berstatus ODP, diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Tidak boleh ke luar rumah, dan di rumah pun jaga jarak.

Fakta-fakta Si Anak Durhaka yang Bakar Rumah karena Tak Dibelikan Motor, Ayahnya yang Buta Teraniaya

Polisi Periksa Bocah Perempuan yang Kabarnya Dinikahi Syekh Puji, Tak Ada Tanda Kekerasan Seksual

Sebanyak 226 Jemaat GBI Lembang Terdeteksi Positif Corona Setelah Jalani Rapid Test, Ini Kata Emil

"Mereka akan dipantau rutin oleh petugas dari Puskesmas. Jika setelah 14 hari ternyata sehat, baru ia bisa keluar untuk beraktivitas seperti biasa. Tapi kalau malah sakit dengan gejala Covid-19 dipastikan jadi PDP (pasien dalam pengawasan, Red)," ujar Budi.

Hingga saat ini, tambah Budi, pasien positif Covid-19 masih sebanyak 6 orang, PDP sebanyak 12 orang dan 373 orang lainnya berstatus ODP.

Dari enam positif, satu meninggal, satu sembuh dan empat lainnya masih dirawat intensif di ruang isolasi sejumlah rumah sakit di wilayah kota. Dari empat yang dirawat, kata Budi, dua diantaranya sudah jauh membaik.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved