Breaking News:

VIDEO - Putusan Kasus Video Vina Garut, Terdakwa VA Dihukum 3 Tahun Penjara Plus Denda Rp 1 Miliar

Pertimbangan hakim dalam mengambil keputusan karena VA dinilai sudah menimbulkan keresahan di masyarakat.

Editor: Machmud Mubarok

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNCIREBON.COM, GARUT -  Kasus video asusila 'Vina Garut' yang menggemparkan publik pada tahun lalu, telah memasuki tahap akhir. Terdakwa VA yang jadi salah satu pemeran video syur itu, divonis bersalah dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Dalam pembacaan putusan melalui sidang daring itu, majelis hakim Pengadilan Negeri Garut yang diketuai Hasanuddin menyatakan jika VA terbukti bersalah.

"Terdakwa turut serta menjadi objek yang mengandung pornografi," kata Hasanuddin saat membacakan putusannya, Kamis (2/3).

Pertimbangan hakim dalam mengambil keputusan karena VA dinilai sudah menimbulkan keresahan di masyarakat. Selain itu perbuatan VA sudah dilakukan lebih dari satu kali. Dua pertimbangan itu memberatkan bagi VA.

"Hal yang meringankan, terdakwa menyesali dan belum pernah dihukum dan masih muda," ucapnya.

Majelis hakim lalu menjatuhkan hukuman pidana penjara selama tiga tahun ditambah denda Rp 1 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara.

"Menetapkan masa penangkapan dan tahanan dikurangkan. Barang bukti satu flashdisk berisi video dirampas negara. Satu buah HP dikembalikan kepada terdakwa," ucapnya.

Pernah Membunuh, Tarjono Berkaca-Kaca Bisa Bebas Lebih Cepat, Janji Tak Ulangi Perbuatannya

Di Tengah Virus Corona Masih Ada Pemandu Lagu yang Layani Pelanggan di Warkop Karaoke Tulungagung

Anda Sedang Terlilit Utang? Coba Baca Doa Ini, Mudah-mudahan Allah SWT Permudah untuk Melunasi

Pengacara VA, langsung mengajukan banding atas putusan majelis hakim tersebut. Sementara jaksa penuntut umum (JPU) juga masih pikir-pikir.

Dalam tuntutan JPU, VA dituntut lima tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider tiga bulan. Putusan hakim tersebut lebih ringan dua tahun. Namun hukuman untuk VA lebih berat dari dua terdakwa lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved