Virus Corona di Indramayu

Demi Cegah Penyebaran Covid-19, KPU Indramayu Setuju Penundaan Pilkada Serentak 2020

Berubahnya status kesigapan dalam pencegahan virus itu karena warga Kabupaten Majalengka yang positif terpapar Covid-19.

Tribuncirebon.com/Siti Masithoh
Petugas KPU Kabupaten Cirebon sedang memindahkan kotak suara yang masih layak ke gudang lainnya, Plumbon, Cirebon, Senin (11/2/2019) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu setuju dengan penundaan pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

//

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni saat dihubungi Tribuncirebon.com melalui sambungan seluler, Selasa (31/3/2020).

Ahmad Toni Fatoni mengatakan, pada prinsipnya KPU Kabupaten Indramayu akan mengikuti keputusan yang ditetapkan oleh KPU RI terkait penundaan tersebut.

"Prinsipnya KPU Indramayu siap mau ditunda atau di lanjutkan akan tetapi sampai saat ini KPU Indramayu masih menunggu keputusan dari KPU RI," ujar dia.

Dalam hal ini KPU Kabupaten Indramayu pun sudah berkoordinasi dengan seluruh unsur yang terkait dengan Pilkada Serentak, seperti unsur Forkopimda, Partai Politik, Pasangan Calon baik dari partai maupun perseorangan.

Mereka pun menyetujui penundaan Pilkada Serentak mengingat risiko yang bisa saja terjadi akibat kegiatan yang mengumpulkan orang banyak tersebut.

"Mereka juga menyarankan untuk ada proses penundaan karena dimungkinkan akan mempertemukan banyak orang. Pada prinsipnya sama, sudah kita koordinasikan," ujar dia.

Sebagaimana diketahui Pilkada Serentak 2020, termasuk di Kabupaten Indramayu rencananya akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

Kendati demikian, akibat adanya fenomena virus corona atau Covid-19 yang mulai merebak ke berbagai daerah di Indonesia membuat Pilkada Serentak itu akhirnya ditunda.

Dalam hal ini KPU RI pun menyarankan 3 opsi penundaan.

Pertama, akan ditunda hingga Desember 2020, kedua penundaan hingga bulan April 2021, dan ketiga penundaan hingga bulan September 2021.

"Pada prinsipnya KPU Indramayu sampai saat ini masih menunggu keputusan KPU RI," ucapnya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved