Petugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Desa Sayana Kuningan Berikan Edukasi Kepada Warga Urban

Tak hanya perantau, warga lainnya pun diberikan himbauan dan edukasi baik melalui spanduk imbauan soal virus corona

Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Petugas Pencegahan penyebaran virus corona Desa Sayana Berikan Edukasi Kepada Warga Urban 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Berbagai upaya dilakukan oleh Aparat Desa yang bekerjasama dengan semua unsur termasuk masyarakat.

Salah satu hal yang dilakukan adalah membentuk struktur relawan desa Lawan Covid-19 yang diketuai langsung oleh Kepala Desa.

BREAKING NEWS: Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon Ditutup Mulai Hari Ini, Gua Sunyaragi Tetap Dibuka

 Hal tersebut disampaikan oleh Supriyadi, Kepala Desa Sayana, Senin (30/03/2020).

Di Desa Sayana kini telah melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat umum dan rumah ibadah, serta membuat tempat untuk mencuci tangan.

Selain itu, pihak Desa Sayana juga membuat Bilik Steril penyemprotan disinfektan yang akan digunakan untuk mensterilkan warga yang beraktifitas diluar termasuk perantau yang baru datang.

Anggota Polisi Ini Cabuli Ibu Mertua Saat Istri Pergi, Mertua Tak Berani Mengadu, Takut Mereka Cerai

"Saat ini perantau sudah mulai banyak yang kembali ke rumahnya masing-masing. Untuk itu kita perlu antisipasi penyebaran virus di Desa Sayana karena kebanyakan perantau berasal dari zona merah. Salah satunya dengan menggunakan bilik steril bagi mereka yang baru datang," ungkap Suryadi.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Puskesmas serta mitra diantaranya Babinkamtibmas, Babinsa, dan Pendamping Desa untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan kepada para perantau yang mudik, serta memberikan edukasi tentang apa yang harus dilakukan.

"Ada sekitar 27 orang perantau yang mudik. Kita sudah lakukan upaya untuk memberikan edukasi langkah-langkah pencegahan termasuk upaya karantina selama 14 hari kepada mereka," lanjutnya.

Seorang Pria di China Ngaku Tahu Cara Agar Virus Corona Cepat Lenyap, Harus Mau Ikuti Syarat Ini

Tak hanya perantau, warga lainnya pun diberikan himbauan dan edukasi baik melalui spanduk imbauan, Woro-woro keliling kampung, hingga menyebarkan selebaran ke rumah-rumah untuk bersama-sama melawan Corona.

"Perlu kerjasama yang solid dari semua pihak terutama warga, jika hal itu terwujud dengan baik, InysaAllah Desa Sayana akan sanggup melawan wabah corona dan segera keluar dari masa sulit," ujarnya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved