Bupati Kuningan Hadir 30 Menit Jadi Saksi Akad Nikah, Warganet Soroti Soal Pembubaran di Lokasi Lain

lanjut Acep, sejak awal kedatangan sempat memberitahukan kepada panitia hajat untuk tidak melakukan prosesi penyerahan barang dari pihak calon pengan

Istimewa
Bupati Kuningan H Acep Purnama berfoto bersama mempelai pengantin yang merupakan ajudan istri bupati. Kehadiran Bupati ini mendapat sorotan warganet. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama disebut-sebut hadir dalam sebuah acara pernikahan. Foto Bupati saat menjadi saksi di prosesi pernikahan itu tersebar, Jumat (27/3/2020).

Kehadiran Bupati dalam pernikahan ajudan istri bupati itu mengundang banyak komentar dari warganet. Pasalnya, di hari yang sama terjadi pembubaran pesta pernikahan warga biasa di Blok Pasawahan, Desa Sampora, Kecamatan CiIimus, oleh polisi.

Beredar meme yang menunjukkan Bupati Acep Purnama foto bareng dengan pasangan pengantin itu disertai dengan tulisan. "Kalau ajudan istri bupati yang nikah Amaann!!! Taat itu untuk siapa?" tulis dalam foto beredar tersebut.

Bupati Kuningan saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya membenarkan bahwa ia sempat foto bareng dengan pasangan pengantin. Foto itu kata Bupati diambil seusai pelaksanaan ijab kabul.

"Saya hadir dalam acara akad, untuk menjadi saksi akad pernikahan. Setelah (akad nikah-red) itu, saya pulang, " ungkap Acep.

Acep mengaku, menghadiri akad nikah itu sebagai saksi tak lebih dari 30 menit. “Saya sudah mewanti-wanti jangan ada acara resepsi pernikahan,” kata Acep.

Yuk Baca Doa Qunut Nazilah, MUI Imbau Umat Islam Baca Doa Itu, Agar Terhindar dari Virus Corona

Selain itu, lanjut Acep, sejak awal kedatangan sempat memberitahukan kepada panitia hajat untuk tidak melakukan prosesi penyerahan barang dari pihak calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin perempuan.

“Saya juga ngomong, untuk sambutannya sudah tunggal saja. Dan waktunya pun saya berpesan tadi untuk tidak lama,” ujarnya.

Selain konfirmasi dari Bupati Kuningan, beredar pula video klarifikasi dari Burhanudin,  mantan anggota Anggota Fraksi DPRD Kuningan 2014-209. 

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu, saya atas nama keluarga mempelai pengantin istri, Burhanudin ingin mengklarfikasi bahwa tadi siang sudah melaksanakan akad nikah anak saya, juga sudah mendapat ultimatum dari kapolsek untuk tidak melakukan resepsi pernikahan. Kemudian, kapasitas Bupati Kuningan memang menjadi saksi dan hanya menghabiskan waktu selama 30 menit, tidak ada resepsi hanya jadi saksi.”

Secara terpisah, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, melalui keterangan persnya, menegaskan tidak akan tebang pilih dalam penegakan hukum. Termasuk dalam acara pernikahan yang dilaksanakan di kediaman Udin Burhanudin di Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan.

“Hanya pelaksanaan akad nikah saja. Padahal sebelumnya Pak Udin sudah diberitahukan untuk menunda resepsi pernikahan anaknya dan acara tadi pagi hanya pelaksanaan akad nikah yang dihadiri oleh anggota keluarga saja," ujar Kapolres.

Lukman mengatakan, atas laporan Polsek Pasawahan yang diterima, hingga Jumat malam, tidak ada keramaian ataupun kerumunan massa di tempat tersebut. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved