Virus Corona Mewabah

Pemerintah Tetapkan Orang-orang yang Bekerja di Dua Profesi Ini Agar Segera Rapid Test Covid-19

Pemerintah telat menetapkan dua kategori prioritas untuk pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19.

Pemerintah Tetapkan Orang-orang yang Bekerja di Dua Profesi Ini Agar Segera Rapid Test Covid-19
(EPA via AlJazeera)
Staf kesehatan membawa seorang pasien ke dalam rumah sakit Jinyintan, China. Hingga Jumat (24/1/2020) siang waktu setempat, 26 orang di China meninggal akibat virus corona. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Pemerintah telat menetapkan dua kategori prioritas untuk pemeriksaan cepat atau Rapid Test Covid-19.

Dua prioritas untuk rapid test itu adalah mereka yang pernah berhubungan dekat dengan pasien positif dan tenaga kesehatan.

Hal itu disampaikan Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers seperti diyatangkan di Channel Youtube BNPB Indonesia, Selasa (24/3/2020).

"Kebijakan pertama, rapid test akan dilaksanakan kepada mereka yang memiliki kontak dekat dengan kasus positif yang sudah terkonfirmasi dan dirawat di rumah sakit atau kasus konfirmasi positif yang harus laksanakan isolasi rumah," ujar Achmad Yurianto.

Untuk kategori pertama di antaranya, anggota keluarga, dan rekan kerja pasien positif Covid-19.

 Tiga Kepala Daerah di Jabar Positif Virus Corona, Terbaru Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

 Hadir di Acara yang Sama dengan Yana Mulyana dan Cellica, Peserta HIPMI Diminta Tes Virus Corona

"Sebelum sakit ternyata juga ada riwayat ia sempat bekerja di tempat pekerjaannya dan ada di lingkungan kerja yang juga memiliki kemungkinan kontak dekat. Maka kita juga akan melaksanakan pemeriksaan di tempat dia bekerja. Ini prioritas yang pertama," jelas Yurianto.

Prioritas kedua adalah para tenaga kesehatan yang bertugas melayani pasien Covid-19.

Untuk kategori kedua ini, kata dia, termasuk petugas front office Rumah Sakit.

"Kemudian tenaga kesehatan yang terkait dengan terhadap pasien Covid-19. Mereka ini harus kita periksa termasuk front office Rumah Sakit juga kita lakukan pemeriksaan. Karena mereka adalah kelompok yang sensitif untuk rentan terinfeksi Covid-19," ucapnya.

Dua kategoti itu menurut dia menjadi prioritas pertama rapid test Covid-19.

Untuk tahap berikutnya, setelah alat rapid test yang dipesan datang lagi, pemeriksaan akan dilakukan berbasis pada wilayah.

"Sementara ini kita masih pressing pada kelompok yang memiliki kerentanan tinggi yaitu kontak dekat dan petugas kesehatan. Ini yang menjadi prioritas pertama kita," katanya. (Srihandriatmo Malau)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Prioritaskan Rapid Test Covid-19 untuk Dua Kategori Ini

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved