Virus Corona Mewabah, RSUD Cideres Majalengka Kekurangan Stok Alat Pelindung Diri

Sementara, jika pasien masih berada di rumah sakit untuk perawatan, hari kelima dipastikan tidak ada tim medis yang akan merawat pasien.

TribunCirebon.com/Eki Yulianto
RSUD Cideres Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Majalengka, dr Egga Bramasta Akidapi menyebut pihaknya hanya memiliki stok Alat Pelindung Diri (APD) untuk 4 hari ke depan.

//

Sementara, jika pasien masih berada di rumah sakit untuk perawatan, hari kelima dipastikan tidak ada tim medis yang akan merawat pasien.

"Kami hanya memiliki APD untuk 4 hari, rencananya jika kami merawat pasien yang mengindikasikan Corona di hari kelima pasien akan terlantar karena stok APD habis," ujar dr Egga, Sabtu (21/3/2020).

Dirinya menjelaskan, ada 21 tim medis yang akan siap melayani Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Jumlah tim medis itu dibagi menjadi 3 shift setiap harinya.

"Perhitungannya, setiap shift itu akan ada 7 tim medis, artinya sehari akan ada 21 tim medis yang merawat PDP begitu juga halnya stok APD setiap harinya akan berkurang 21 APD," ucapnya.

Berarti, jika di total, dr Egga menyampaikan, RSUD Cideres hanya tersedia 84 stok APD.

Yang di dalamnya, termasuk masker, sarung tangan, jubah lengkap (helm, sepatu boots).

"Oke lah kalau sepatu boots bisa kita kita semprot disinfektan artinya bisa dipakai lagi, tapi kalau masker, sarung tangan dan yang terpenting pakaian jubah pelindung itu hanya bisa sekali pakai, kami sangat membutuhkan APD saat ini," kata dr Egga.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dapat memberi dukungan dan bantuan.

Sebab, saat ini pihaknya harus siap dalam hal penanganan pasien Covid-19 yang juga ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan.

"Mudah-mudahan Dinas Kesehatan bisa terus memberikan dukungan dan bantuan kepada kami yang sulit khususnya ke rumah sakit rujukan Covid-19 lini dua ini," kata dia.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved