Breaking News:

Kantor Imigrasi Bandung Tolak WNA dari Empat Negara Terdampak Virus Corona

Imigrasi Bandung akan menolak kedatangan warga negara asing (WNA) dari empat negara terdampak virus corona masuk ke Bandung

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribun Jabar/Nazmi
Kasi Teknologi dan Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Bandung, Gita Rahayu Prandari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Imigrasi Bandung akan menolak kedatangan warga negara asing (WNA) dari empat negara terdampak virus corona masuk ke Bandung.

Kasi Teknologi dan Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Bandung, Gita Rahayu Pimandari mengatakan, penolakan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 7 tahun 2020, pengganti Permenkumham nomor 3 tahun 2020.

Dalam Permenkumham nomor 7, kata Gita, ada pelarangan bagi WNA dari empat negara yakni China, Italia, Korea Selatan dan Iran. Empat negara itu menjadi negara dengan kasus virus corona tertinggi saat ini.

"Sebelumnya nomor 3 tahun 2020 hanya untuk RRT (republik rakyat Tiongkok/China) saja, atau yang sebelumnya pernah pergi ke China. Sekarang digantikan dengan nomor 7 ada empat negara lagi," ujar Gita Rahayu, saat ditemui di kantor Imigrasi Bandung, Jalan PHH Mustofa, Selasa (17/3/2020).

Dikatakan Gita, peraturan tersebut berlaku secara nasional bukan hanya di Bandung.

Untuk di Bandung, penolakan bisa dilakukan bila WNA mendarat di Bandara Husein Sastranegara.

"Iya tidak boleh masuk dan atau warga negara asing lainnya yang pernah masuk ke dalam empat negara itu dalam waktu 14 hari. Bukan hanya ke Bandung tapi ke Indonesia," katanya.

Menurut Gita, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan data berapa WNA asing dari empat negara atau yang pernah transit di empat negara itu yang ditolak masuk ke Indonesia.

"Kalau data tidak ada, karena begitu mendarat sudah pasti ditolak," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved