Human Interest Story

Pensiun Sebagai Pejabat Pemkab Kuningan, Suraja Tak Bertopang Dagu, Kini Bercocok Tanam di Kebun

Soal bercocok tanam ini, dia melakukannya dengan beragam media. Misalnya, dengan cara hidroponik, aquaponik dan konvensional.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Pensiunan PNS Pemkab Kuningan, Suraja terlihat saat sibuk di lokasi perkebunan miliknya, sebagai pengisi masa purna bakti, Selasa (17/3/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCOREBON. COM, KUNINGAN - Menjalani masa purna bakti atau pensiun, tidak membuat putus semangat H Suraja untuk terus mengabdi dan beraktivitas.

Suraja adalah mantan sekretaris DPRD Kuningan. Ia pernah menjabat sebagai kepala dinas komunikasi dan informasi. Suraja juga pernah menjadi camat Luragung dan Pasawahan.

"Meski masuk purna bakti, mengabdi terus tak henti - henti, " ungkap Suraja saat ditemui di kebun miliknya, Selasa (17/03/2020).

Kebun yang berukuran tidak luas, kata Suraja, kini menjadi lahan kesibukan dalam mengisi waktu sehari-harinya. Sepetak lahan kebun itu ditanami sejumlah jenis pohon sayuran. "Kami tanam ada kangkung, cabe, pakcoy dan bawang merah," sebut Suraja seraya menunjukkan satu per satu jenis tanaman yang ditanam.

Menurut Suraja, penanaman tanaman-tanaman itu dimulai sejak musim penghujan, sebagai bentuk pengisi kegiatan dalam masa purna bakti seperti ini.

"Pengabdian itu, tidak serta merta saat menjadi pegawai negeri saja," ujar Suraja. 

Soal bercocok tanam ini, dia melakukannya dengan beragam media. Misalnya, dengan cara hidroponik, aquaponik dan konvensional.

"Kalau menggunakan media aquaponik, kolam yang berada di bawahnya, ditanam ikan lele," jelas Suraja.

Modal per bulan untuk operasional bercocok tanam ini sekitar Rp. 150 ribu. "Iya kan, hidroponik dan aquaponik ini menggunakan listrik dalam kebutuhan sirkulasi air melalui water pump," tambahnya. 

Halaman
123
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved