BBKSDA Jawa Barat Evakuasi Lutung Jawa di Desa Cicalung Majalengka

Evakuasi lutung Jawa itu dilakukan di rumah warga di Desa Cicalung, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW VI Tasikmalaya bidang KSDA wilayah III Ciamis mengevakuasi satwa langka Lutung Jawa, Selasa (17/3/2020) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat dalam hal ini Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW VI Tasikmalaya bidang KSDA wilayah III Ciamis mengevakuasi satwa langka Lutung Jawa, Selasa (17/3/2020).

Evakuasi itu dilakukan di rumah warga di Desa Cicalung, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.

Polisi Kehutanan (Polhut) Resort Cirebon, Ade Kurniadi Karim mengatakan pihaknya menerima laporan dari Kepala SPTN II Majalengka, Balai TN Gunung Ciremai ada masyarakat di Desa Cicalung yang menemukan satwa liar yang dilindungi.

Satwa liar itu jenis Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) sebanyak satu ekor.

"Kita ke sini dalam rangka penyelamatan satwa liar dilindungi Undang-undang bekerjasama dengan balai TNGC, Polsek Maja dan Koramil."

"Menyelamatkan satwa yang diselamatkan oleh warga dan masyarakat di sekitar Desa Cicalung, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka berupa Lutung Jawa, sebanyak 1 ekor dewasa," ujar Ade saat ditemui di lokasi, Selasa (17/3/2020).

Saat ini, lanjut Ade ketika evakuasi berlangsung, binatang tersebut terlihat sehat dan sedang bergelantung di sebuah pohon di depan rumah.

Tentu, dengan rantai mengikat di pinggang untuk mengantisipasi tidak perginya hewan berwarna hitam tersebut.

"Untuk sementara, kami amankan di kandang transit resort wilayah Cirebon Sumber, sebelum akhirnya dikirim ke primata Jawa di Ciwidey Bandung," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved