Virus Corona

PT KAI Daop 3 Cirebon Larang Calon Penumpang Teridentifikasi Virus Corona Naik Kereta Api

Adapun sebagai bentuk ganti rugi, PT KAI akan mengembalikan penuh bea pemesanan tiket atas larangan penumpang tersebut.

Istimewa
Pengecekan suhu badan calon penumpang oleh tim medis PT KAI di Stasiun Cirebon, Minggu (15/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mengambil langkah preventif dengan memberlakukan larangan naik kereta api (KA) bagi calon penumpang yang terindetifikasi virus corona atau Covid-19.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengatakan, larangan ini sebagai bentuk kewaspadaan PT KAI terhadap virus corona yang kini tengah merebak ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

"Saat ini KAI sudah menempatkan petugas khusus pengecekan suhu badan calon penumpang yang terdapat di depan meja cek boarding pass," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (15/3/2020).

Pengecekan suhu badan itu akan menggunakan alat thermoscan.

Jika pada saat pengecekan ditemukan ada calon menumpang yang memiliki suhu badan mencapai 38 derajat celcius ke atas maka calon penumpang yang bersangkutan dilarang melakukan perjalanan kereta api.

Larangan itu dibuat atas dasar rekomendasi dari petugas kesehatan.

Luqman Arif menyampaikan, pengecekan suhu badan ini akan dilakukan di berbagai stasiun yang dinaungi Daop 3 Cirebon, yakni stasiun Cirebon, Stasiun Prujakan, Stasiun Jatibarang dan Stasiun Brebes.

Adapun sebagai bentuk ganti rugi, PT KAI akan mengembalikan penuh bea pemesanan tiket atas larangan penumpang tersebut.

Geger Potongan Mayat Bayi Sudah Dikerumuni Anjing, Diduga Dibuang Karena Hasil Hubungan Gelap

Seorang Dokter Terbaring Kelelahan di Kasur Rumah Sakit Pasien Virus Corona, Viral di Medsos

"Bagi penumpang yang terindikasi suspect corona yang membawa pendamping, maka tiket dapat dikembalikan penuh untuk maksimal empat orang dalam satu kode booking," ujar dia.

"Jika berbeda kode booking, maka bea tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk 2 orang sebagai pendamping," lanjut Luqman Arif.

Tidak hanya itu, Luqman Arif menyampaikan, tim medis yang sudah disiapkan di pos kesehatan stasiun pun akan membantu proses rujukan calon penumpang ke rumah sakit jika dibutuhkan.

"Tindakan pengecekan suhu badan ini merupakan langkah kongkrit PT KAI guna mencegah penyebaran virus Corona, terutama karena kereta api merupakan transportasi publik andalan masyarakat," ujar dia.

Pengecekan suhu badan calon penumpang oleh tim medis PT KAI di Stasiun Cirebon, Minggu (15/3/2020). Foto istimewa
Pengecekan suhu badan calon penumpang oleh tim medis PT KAI di Stasiun Cirebon, Minggu (15/3/2020). Foto istimewa (Istimewa)
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved