Jaksa Mendakwa Supendi Terima Duit Rp 3,9 Miliar, Terkait Suap Sejumlah Proyek di Indramayu

Supendi, Bupati Indramayu nonaktif didakwa menerima uang Rp 3,9 miliar dari sejumlah pengusaha, uang itu

Kolase
Carsa dan Bupati Indramayu Nonaktif, Supendi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Supendi, Bupati Indramayu nonaktif didakwa menerima uang Rp 3,9 miliar dari sejumlah pengusaha, uang itu diberikan untuk memuluskan proyek di Indramayu.

Hal itu terungkap dalam sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (9/3/2020).

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kiki Ahmad Yani dalam dakwaannya menyebut uang tersebut didapat Supendi dari empat orang pengusaha. Salah satunya Carsa yang juga terdakwa kasus yang sama.

"Terdakwa beberapa kali menerima pemberian uang yang totalnya Rp 3.928.250.000. Terdakwa mengetahui atau patut menduga bahwa uang tersebut diberikan dengan maksud supaya terdakwa selaku Plt dan juga Bupati Indramayu memberikan proyek atau paket pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu kepada Carsa dan kontraktor atau rekanan yang memberikan uang tersebut," ujar Kiki Ahmad Yani, saat membacakan dakwaan.

 Korban Tenggelam di Sungai Cimanuk Majalengka Belum Ditemukan, Keluarga Khawatir

Dalam dakwaannya, Jaksa KPK mengurai pemberian sejumlah uang dari empat pengusaha kepada Supendi. Pertama dari Carsa, Supendi mendapatkan total keseluruhan sebanyak Rp. 3.616.250.000 yang diterima Supendi saat masih menjabat Plt Bupati Indramayu pada 2018. Penerimaan terakhir dari Carsa sebesar Rp 100 juta pada 19 Oktober 2019 atau sebelum ditangkap KPK.

Kemudian dari pengusaha lainnya yakni Kasnadi total Rp 125 juta, Badrudin Rp 150 juta dan Suryono Rp 37 juta. Semua uang yang diberikan pengusaha itu, kata Jaksa, biasanya diterima langsung oleh Supendi atau oleh Omarsyah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Wempi Triyoso selaku Kabid Jalan Dinas PUPR.

 Tim Pengantar Pasien Pengawasan Corona yang Dirujuk dari Garut ke RSHS Terpaksa Pakai Jas Hujan

"Bahwa perbuatan terdakwa menerima uang seluruhnya sejumlah Rp 3.928.250.000. Pemberian supaya memberikan proyek atau paket pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu kepada Carsa ES dan kontraktor atau rekanan yang memberikan uang tersebut," kata jaksa.

Jaksa mendakwa Supendi dengan Pasal 12 Huruf a Jo Pasal 18 Undang-undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang tipikor dalam dakwaan pertama. Dakwaan kedua Pasal 12 huruf b dan dakwaan ketiga Pasal 11.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved