Jalan–jalan ke Desa Wisata Cibuntu, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Kagumi Pesona Alam dan Budaya

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Ketua DPRD Jabar, Brigjen (Purn) TNI Taufik Hidayat disambut perangkat desa Cibuntu saat mengunjungi desa wisata Cibuntu di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jumat (6/3/2020). 

Laporan Kontributor TribunCirebon.com, Ahmad Ripai
TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat bersama dengan keluarga mengunjungi Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kuningan.

Saat kunjungan itu, Ketua DPRD Provinsi Jabar mendapat sambutan dari Kepala Desa Cibuntu, H.Awam bersama rombongan perangkat desa. Penyambutan itu disertai penampilan seni daerah atau tari-tarian , membuat sosok purnawirawan itu terlihat semringah.

“Dalam kunjungan ini ingin sekalian main bawa keluarga,” ungkap Taufik Hidayat yang mendapat kawalan dari Ketua DPC Partai Gerindra Kuningan, H Dede Ismail dan sejumlah Anggota Frakasi Gerindra DPRD Kuningan, Jumat (6/3/2020).

Seusai mendapat sambutan para penari tadi, Taufik bersama rombongan keluarga, memasuki kantor desa setempat. Taufik didamping Dede Ismail terjkejut dengan suasana alam dan sejuk udara desa wisata ini. Terlebih dengan sikap warga yang menjaga nilai budaya Sunda. “Warganya, persis bergaya sunda buhun,” kata dia.

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Dalam prestasinya, Desa Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia. “Karena beragam prestasi, kami juga pengen tahu dan datang ke sini,” ujar Taufik Hidayat

Taufik yang lahir di Cirebon dan istrinya lahir Kuningan, merasa bangga terhadap daerah yang mampu menjaga nilai kebudayaan di era kemajuan jaman seperti ini.

”Iya, ameng ka lembur. Saya lahir di Cirebon dan istri lahir di kuningan,” singkatnya.

Menurut Ppria yang pernah menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI ini, dirinya mengetahui Desa wisata Cibuntu saat diperlihatkan Video oleh Disparbud Provinsi Jabar yang menayangkan tentang pesona yang dimiliki oleh Desa Wisata Cibuntu. Disamping itu, referensi desa ini memang sangat mudah didapat di internet. "Kemarin malam saya lihat tayangannya, dan hari ini saya berkunjung kesini,” kata dia.

Namun Taufik Hidayat melihat kondisi jalan di desa ini yang berlobang dengan ukuran beragam. Karena itu Ketua DPRD Jabar berharap dari hasil kunjungannya, bisa menyerap aspirasi untuk diperhatikan pemerintah dalam pengembangan wisata Kuningan pada umumnya. "Jalannya harus dilebarkan lagi,” kata dia.

Di tempat sama, Kepala Desa Cibuntu, H. Awam mengatakan, Sapta Pesona adalah salah satu kunci untuk menjaga desa wisata Cibuntu agar selalu dikunjungi wisatawan. Kuncinya adalah semua lapisan di desa wisata Cibuntu selalu menerapkan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari. “Sapta Pesona itu meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan," ujarnya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved