Tanggul Sungai Cimanuk Indramayu Jebol

VIDEO Warga Desa Dukuh Indramayu Tagih Janji Bupati Untuk Gusur Bangunan Liar Penyebab Banjir

Luapan sungai itu bahkan membuat empat titik tanggul Sungai Cimanuk di desa setempat jebol.

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Warga Desa Dukuh, Kecamatan/Kabupaten Indramayu ingin Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengecek langsung kondisi Sungai Cimanuk Indramayu yang meluap hingga membanjiri pemukiman warga.

Seorang warga setempat, Suhartoyo (37) mengatakan, luapan sungai itu bahkan membuat empat titik tanggul Sungai Cimanuk di desa setempat jebol.

"Banjir tahunan ini, gara-gara penyebabnya penyempitan kali karena adanya bangunan-bangunan liar," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di lokasi banjir, Kamis (5/3/2020).

Dirinya mengatakan, warga khawatir jika hujan lebat melanda daerah setempat, bukan tidak mungkin rumah-rumah warga akan terendam seperti tragedi yang terjadi pada April tahun 2019 lalu.

Saat itu air bahkan merendam pemukiman hingga ketinggian 1-2 meter.

"Seleher orang dewasa waktu tahun kemarin, ini sih belum seberapa," ujar dia.

Warga lainnya, Suyadi (39) menambahkan, lokasi banjir tersebut sebelumnya pernah ditinjau langsung oleh Bupati Indramayu Nonaktif, Supendi.

Saat itu, dikisahkan Suyadi, Bupati tengah mencari titik pusat yang menyebabkan 5 kecamatan yang meliputi Kecamatan Indramayu, Lohbener, Sindang, Cantigi dan Pasekan terendam banjir.

"Dulu waktu Pak Supendi datang, dia langsung lihat titiknya dan kendalanya itu ini bangunan liar, seperti itu kata Pak Supendi," ucapnya.

Supendi juga berjanji akan menggusur dan menormalisasi Sungai Cimanuk agar dikembalikan lagi fungsinya seperti sediakala.

Kendati demikian, pengusuran ataupun normalisasi Sungai Cimanuk itu hingga saat ini belum terealisasikan.

"Tapi setelahnya belum juga ada normalisasi, makanya sama bupati yang sekarang tolong ini dinormalisasikan kembali fungsinya subgai, lebarnya berapa agar dampaknya tidak ke desa lagi," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved