Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Cegah Warganya Terinfeksi Virus Corona, Pemkab Majalengka Gerak Cepat Bikin 5 Langkah Anticorona

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sudah mulai memasuki Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mulai bersiaga.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka, Karna Sobahi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sudah mulai memasuki Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mulai bersiaga.

//

Salah satu upayanya adalah, Pemkab langsung menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan kewaspadaan pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Pemerintah Kabupaten Majalengka sangat serius dalam upaya mengambil langkah-langkah kolektif dan terpadu Kesiapsiagaan Kewaspadaan Pencegahan dan Penanganan Covid-19. Hal ini sejalan dengan intruksi Gubernur Jawa Barat yang telah menetapkan siaga 1 untuk covid-19," ujar Bupati Majalengka, Karna Sobahi, Kamis (5/3/2020).

Dari hasil rapat tersebut, memunculkan lima langkah yang bakal dilakukan Pemkab Majalengka guna menangkal penyebaran virus Corona di wilayahnya.

1. Membentuk krisis center yang salah satu fungsinya sebagai satu-satunya pusat informasi tentang covid-19 sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan benar tentang virus ini.

2. Meminimalisir informasi kepada masyarakat tentang covid-19, tidak gegabah dan asal menyampaikan informasi sebelum memperoleh informasi yang utuh, valid dan benar.

Sehingga masyarakat tidak bingung dan tetap waspada.

3. Menyiapkan RSUD dalam menghadapi covid -19 baik tenaga medis maupun fasilitas kesehatannnya serta daya dukung lainnya dan apabila terjadi indikasi pasien terinfeksi segera tangani sesuai prosedur dan standar penanganan yang sudah ditetapkan.

4. Meminta kepada seluruh perusahaan yang terdapat warga asing untuk segera mendata dan melaporkan kepada tim krisis center baik yang menetap maupun yang mobile.

5. Melakukan ikhtiar batin yaitu mengembalikan semua persoalan termasuk covid-19 kepada Allah SWT karena yakin semuanya berjalan sesuai kehendaknya.

Hal ini dilakukan setelah melakukan ikhtiar lahir.

Mengerahkan semua kekuatan baik scara struktural Pemerintah Daerah, kecamatan sampai desa dan didukung kekuatan-kekuatan organisasi kemasyarakatan dan keumatan.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved