Breaking News:

VIDEO - Beredar Kembali Video Jalan Ambrol Akibat Tanah Bergerak, Ini Penjelasan Kapolres Kuningan

Ia juga menyebut telah memberi perintah ke Kasat Reskrim untuk segera mencari siapa pihak yang menyebarkan kembali video hoaks

Laporan Kontributor TribunCirebon.com, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Beberapa hari terakhir ini di media sosial dan grup percakapan instan Kuningan beredar kembali video lama bencana alam berupa pergerakan tanah yang disebut-sebut berlokasi di daerah Ciniru.

Kapolres Kuningan AKBP Lukman Malik pun langsung mengecek ke daerah Ciniru. Meski di akhir pekan, Kapolres bersama rombongan perwira menengah lainnya, seperti Kasat Intel AKP Muhammad Rustandi dan Kasat Sabhara AKP Umara mendatangi Mapolsek Ciniru, untuk memeriksa langsung lokasi bencana seperti beredar di dalam video.

Jarak tidak dekat dari Mapolres Kuningan, atau sekira 45 menit, unit kendaraan rombongan polres melaju cukup cepat.

"Tadi saya ke lokasi yang sebelumnya disebar di video tersebut," ungkap Lukman seusai melakukan kordinasi dengan Kapolsek Ciniru, AKP Dani yang kebetulan di dampingi Danramil 1503 Ciniru, Kapten Arh Aep Saepudin, di Mapolsek setempat, Sabtu (29/02/2020).

Lukman mengatakan, dalam video yang beredar itu murni bukan kejadian di Kabupaten Kuningan. Kejadian itu, kata Lukman, benar ada terjadi beberapa waktu lalu, di blok Cinyiru daerah Lebak, Banten.

"Itu video hoaks dan tidak ada di daerah Kuningan yang terjadi seperti itu," ujar dia.

Kapolres mengimbau agar warga tidak cepat termakan berita-berita hoaks yang beredar. Ia juga menyebut telah memberi perintah ke Kasat Reskrim untuk segera mencari siapa pihak yang menyebarkan kembali video hoaks bencana itu.

"Ya nanti kita tindak siapa penyebarnya, karena itu video lama dan jelas tidak terjadi di Kecamatan Ciniru, Kuningan, " tegasnya.

Untuk siaga bencana, Polres Kuningan telah membuat posko-posko siaga bencana, dengan posko utama di Mapolres Kuningan, dan posko taktis berada di tiap wilayah Polsek.

Selain itu, Polres Kuningan juga berkoordinasi dengan Kodim 0615/Kuningan, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder yang ada untuk penanganan kemungkinan bencana alam yang akan terjadi di Kabupaten Kuningan. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved