Breaking News:

Detik-detik Jemaah Umrah Asal Lampung Lolos Pemeriksaan Kesehatan di Arab Saudi Saat Akses Ditutup

Penutupan akses masuk karena virus corona ini membuat keputusan untuk tetap berangkat, menurut Amir, peluangnya 50 : 50.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Suasana pemberangkatan jemaah umrah di Bandara Kertajati beberapa waktu lalu 

TRIBUNCIREBON.COM - Rombongan jemaah umrah asal Lampung lolos pemeriksaan kesehatan di Arab Saudi tepat di detik-detik pemerintah setempat menutup akses masuk negara. Jemaah umrah dari rombongan Kanomas Lampung Tour and Travel itu berangkat dari Indonesia ketika pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menutup semua akses bagi jemaah umrah masuk ke negara mereka, Kamis (27/2/2020).

“Kami berangkat umrah di tanggal pemerintah Arab Saudi menutup akses jemaah masuk ke negaranya akibat virus corona,” kata Amirudin Sormin (Amir), salah satu jemaah Kanomas Lampung, saat dihubungi melalui Messeger Facebook, Sabtu (29/2/2020).

Rombongan umrah yang berangkat itu berjumlah 42 orang. Sormin beserta empat anggota keluarganya dan lima orang lain adalah 10 orang jemaah dari Lampung. Jadwal umrah yakni dari 27 Februari hingga 7 Maret 2020.

Penutupan akses masuk karena virus corona ini membuat keputusan untuk tetap berangkat, menurut Amir, peluangnya 50 : 50.

Karena hingga pesawat Saudi Airlines yang ditumpangi rombongan ini lepas landas dari Bandara Soekarno – Hatta pada Kamis (27/2/2020) pukul 11.00 WIB, belum ada kepastian bisa masuk Mekah.

“Sebuah keputusan yang bikin ketar-ketir, belum ada jaminan bisa masuk Mekah. Bayang-bayang ditolak di Jeddah menyelimuti rombongan kami,” kata Amir.

Suasana makin mendebarkan, karena ketika pesawat sudah mendarat di Bandara King Abdul Aziz, salah satu ground staff (petugas darat) mengatakan bahwa Jeddah menutup semua penerbangan.

“This is the first flight from Jakarta. All fligth closed to Jeddah,” kata Amir menirukan ucapan petugas itu.

Setelah turun, rombongan Amir dibawa petugas imigrasi menuju kantor kesehatan bandara.

Pemeriksaan ketat di bandara Menurut Amir, pemeriksaan saat itu memang agak ketat, terutama bagi pemegang paspor yang pernah ke negara lain.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved