Breaking News:

1.000 Orang Calon Jemaah Umrah di Medan Gagal Berangkat ke Tanah Suci, Padahal Sudah Kantungi Visa

biro perjalanan dipastikan sudah mengeluarkan banyak biaya untuk tiket pesawat, hotel, serta visa sebelum adanya larangan masuk bagi warga asing

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ilustrasi pemberangkatan jemaah umrah di Bandara Kertajati beberapa waktu lalu. 

TRIBUNCIREBON.COM - Kebijakan penundaan jemaah umrah dan haji oleh pemerintah Arab Saudi untuk mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) berdampak besar bagi calon jemaah umrah dan haji di tanah air.

Saat ini ada 1.000 calon jemaah umrah di Medan yang telah mengantongi visa, namun belum tentu bisa berangkat. Mereka sedianya berangkat pada 1-4 Maret 2020 melalui bandara Kualanamu, Medan.

Ketua Forum Komunikasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (FKPPIU) Sumatera Utara (Sumut) Bob Nasution mengharapkan pemerintah Indonesia bisa melakukan pendekatan kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi sehingga para calon jemaah umrah yang sudah mengantongi visa bisa diberangkatkan.

"Setidaknya ada 1.000 calon jemaah umrah via Medan yang telah mengantongi visa umrah. Kita berharap yang sudah mengantongi visa bisa diberangkatkan, itu saja harapannya," katanya kepada sejumlah awak media, Kamis sore (27/2/2020).

Dia menjelaskan, biro perjalanan dipastikan sudah mengeluarkan banyak biaya untuk tiket pesawat, hotel, serta visa sebelum adanya larangan masuk bagi warga asing yang ingin datang ke Arab Saudi.

 Sehingga jika tidak diberangkatkan, biro perjalanan umroh dipastikan merugi.

"Karena biaya untuk yang berangkat tanggal 1, 2, 3, 4 itu sudah keluar semua. Ini sekarang di-hold, enggak tahu sampai kapan," jelasnya.

Bob yang mengaku sudah membaca surat Kedutaan Republik Indonesia di Arab Saudi perihal larangan kedatangan warga asing ke Arab mengantisipasi penyebaran virus corona.

Diketahui, Dubes RI di Arab Saudi Agus Maftuh mengatakan pemerintah sedang melakukan pendekatan agar calon jemaah yang telah mengantongi visa umrah supaya bisa tetap berangkat karena Indonesia bukanlah negara yang terkonfirmasi terkena dampak virus corona.

Sementara itu, Direktur Utama PT Arrahman Berkah Wisata di Medan, Ade Dermawan mengatakan jika sebagian jemaahnya sudah ada yang sampai ke Arab Saudi. Yakni, pada Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved