Breaking News:

TKW Asal KBB Ini Depresi, 8 Bulan Kerja di Arab Saudi Tak Bisa Bicara Bahasa Arab Ternyata Ilegal

Dia dipulangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (21/2/2020) dan sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Kramat J

Editor: Machmud Mubarok
Grid.ID
Ilustrasi TKI 

Laporan Wartawan Tribun, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, PADALARANG - Nasib tragis dialami Kulsum (44) seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) warga Kampung Cipadang Manah, RT 1/16, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kulsum bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi. Namun, dia berangkat secara ilegal dengan cara difasilitasi sponsor dari Cianjur, hingga akhirnya Kulsum terkendala Bahasa Arab dan hal itu yang diduga membuat dia mengalami depresi.

Nunung Samsudin (67), Kakak Ipar Kulsum mengatakan, saat adiknya berangkat ke Arab Saudi memang berangkat secara ilegal dan tidak dipungut biaya alias gratis.

"Selama 8 bulan itu, dia jarang ada kabar karena saat jam kerja di Arab Saudi tidak boleh memegang ponsel," ujar Nunung saat ditemui di kediaman Kulsum, Rabu (25/2/2020).

Setelah itu, pihak keluarga mendapat kabar bahwa Kulsum mengalami depresi, lalu lapor ke Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, hingga akhirnya Kulsum pulang ke Indonesia melalui jalur diplomatik.

Dia dipulangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (21/2/2020) dan sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta sebelum dibawa pulang ke rumahnya.

"Keluarga bersama pihak pemerintah menjemput ke Jakarta dan tiba di rumah kemarin, (Selasa), tapi kondisinya masih linglung," katanya.

Diet Karbohidrat Ampuh Turunkan Berat Badan & Cegah Diabetes, Tapi Perlu Perhatikan Hal Penting Ini

Makan Pakcoy Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Mematikan Ini, Begini Cara Benar Mengolahnya

Kapolres Majalengka: Kalau Lihat Hewan yang Bentuknya Tidak Anda Ketahui, Segera Lapor Petugas!

Ia mengatakan, saat ini Kulsum sudah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat di Kecamatan Cisarua, KBB untuk mendapat perawatan.

Anggota DPRD KBB, Nur Djulaeha mengatakan, selama delapan bulan di Arab Saudi, Kulsum tiga kali pindah majikan dan terakhir kabarnya, dia mengurus orang stres di rumah sakit.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved