Breaking News:

Hari Peduli Sampah Nasional & Bulan K3

Ribuan Warga Bersihkan Sungai Cimanuk, Kerja Bareng Pemkab Indramayu dan PT Pertamina RU VI

Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sekop, karung, dan lain sebagainya, para peserta mengumpulkan sampah.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat saat aksi membersihakan Sungai Cimanuk dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan Bulan K3 (Kesehatan, dan Keselamatan Kerja), Sabtu (22/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama PT Pertamina (Persero) RU-VI Balongan menggelar bersih-bersih Sungai Cimanuk, Sabtu (22/2/2020).

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan ini memjadi momentum dalam menggerakkan masyarakat dalam peduli terhadap lingkungan.

"Terkait Hari Peduli Sampah Nasional, kegiatan ini harus menjadi momentum berharga dalam membangun kesadaran guna menghadapi persoalan sampah yang selalu menjadi isu penting dari tahun ke tahun," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Pantauan Tribuncirebon.com, ada ribuan peserta yang ikut berkontribusi dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini.

Baik dari instansi pemerintah, karyawan perusahaan, TNI-Polri, para pelajar, serta masyarakat sekitar ikut membaur membersihkan Sungai Cimanuk.

Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sekop, karung, dan lain sebagainya, para peserta mengumpulkan sampah. 

Taufik Hidayat berharap, kegiatan ini bisa terus tertanam pada diri masyarakat agar Kabupaten Indramayu bisa terhindar dari berbagai bentuk bencana.

Seperti diketahui, sekarang ini cuaca ekstrem masih akan melanda Kabupaten Indramayu hingga Maret 2020 mendatang.

Jika sungai atau lingkungan tergenang oleh sampah yang dibuang sembarangan, disebutkan Taufik Hidayat bukan tidak mungkin bencana banjir akan menimpa Kabupaten Indramayu.

"Yang ikut terlibat dalam kegiatan ini sangat luar biasa, ini diluar dugaan, kami rencananya hanya 2.200 peserta tapi yang hadir kelihatannya lebih dari 3.000 peserta," ucapnya.

Selain membersihkan sampah, kegiatan itu juga diwarnai dengan aksi sepeda santai dan penebaran benih ikan sebanyak 5.000 bibit di Sungai Cimanuk.

Sementara itu, GM PT Pertamina RU VI Balongan, Nur Qadim mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pihaknya bersinergi bersama pemerintah dalam menjaga keasrian lingkungan.

"Saya berharap ini menjadi awal dari kepedulian kita dalam merawat dan melestarikan lingkungan di Indramayu," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved