VIDEO - Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas di Tol Cipularang Pascalongsor Lereng

pihaknya juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain dengan cara mengalihakan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta ke Padalarang Timur.

Laporan Wartawan Tribun, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, NGAMPRAH - Anggota Korlantas Polri saat ini sudah menentukan langkah untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas di Tol Cipularang KM 118+600 menyusul longsor lereng di jalur B yang saat ini sudah mendekati bahu jalan.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, hingga saat ini untuk jalur A atau arah Jakarta menuju Bandung masih tetap normal dan bisa dilintasi kendaraan jenis apapun, begitupun dengan jalur B atau arah sebaliknya atau di titik longsor lereng terjadi.

"Namun, rekomendasi yang kita sepakati bahwa untuk kendaraan berat (jalur B) harus di lajur kanan, kalau untuk kendaraan kelas 1 seperti bus bisa di lajur normal," ujar Istiono saat meninjau lokasi longsor, Selasa (18/2/2020).

Kemudian jika terjadi emergency atau kondisi darurat pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah alternatif, agar kondisi arus lalu lintas tetap normal meskipun sedang dilakukan pengerjaan lereng.

"Untuk jangka pendeknya kita harus gunakan contra flow yang kita sudah siapkan untuk antisipasi. Dari Jasa Marga, Polri dan Dinas Perhubungan sudah siap," katanya.

Sementara jika terjadi cuaca ekstrem saat perbaikan lereng dilakukan, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain dengan cara mengalihakan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta ke Padalarang Timur.

"Itu sampai di gate tol Jatiluhur dan rambu lalu lintas serta personel sudah kami siapkan. Kita juga sudah survey, oleh karena itu bila ada trigger masalah di titik ini akan segera kita berlakukan langkah alternatif ini," ucapnya.

Pantuan Tribun Jabar, hingga saat ini kondisi arus lalu lintas masih tetap normal baik dari arah Bandung menuju Jakarta, maupun dengan arah sebaliknya dan anggota kepolisian hingga saat ini masih bersiaga di lokasi longsor.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved