Pemkab Majalengka Raih Penghargaan dari KemenPAN-RB untuk Penilaian Sistim SAKIP dengan Raihan B+

Diketahui, selama 10 tahun terakhir ini, nilai SAKIP Majalenhka berada di jajaran terakhir antara kota dan kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Pemkab Majalengka Raih Penghargaan dari KemenPAN-RB untuk Penilaian Sistim SAKIP dengan Raihan B+
Istimewa
Bupati Majalengka, Karna Sobahi saat mewakili Kabupaten Majalengka dalam menerima penghargaan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Hal itu terkait, Bupati Majalengka, Karna Sobahi dapat meningkatkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam 10 tahun terakhir.

Diketahui, selama 10 tahun terakhir ini, nilai SAKIP Majalengka berada di jajaran terakhir antara kota dan kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Namun, melalui tangan dingin Karna Sobahi, nilai SAKIP yang semula meraih C dengan nilai 60 kini menjadi B+ atau dengan nilai 68.

"Dua poin lagi menjadi 70 dengan nilai BB. Ya alhamdulilah, SAKIP di Majalengka berangsur naik selama 10 tahun terakhir. Bahwa kalau dahulu di posisi C dengan nilai 60, sekarang peringkat B+ dengan bilai 68," ujar Karna Sobahi, Kamis (13/2/2020).

Disampaikan Bupati, penilaian SAKIP diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Senin (10/2/2020) kemarin.

Penilaian itu, untuk daerah yang berada di wilayah I, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat.

SAH Pengadilan Memutuskan Lucinta Luna Seorang Wanita, dari Muhammad Fatah Jadi Ayluna Putri

SOSOK Kakak Ipar Nella Kharisma, Namanya Mbak Ayu, Cantiknya 11-12, Sama dengan Nella, Mau Lihat?

Karan juga menyampaikan, keberhasilan Majalengka ini berkat keinginan, keseriusan dan komitmen semua pihak.

Serta, sistem yang dipedomani dan dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menata kelola kinerja, sistem, maupun proses dengan seluruh target dalam setiap OPD.

"Tentunya, penilaian ini akan lebih meningkat jika OPD sendiri lebih serius dan komitmen dalam meningkatkan kinerjanya. Tidak menutup kemungkinan, nilai A bisa di dapat," ucapnya.

Selain itu, Bupati juga berharap masyarakat ikut mengawasi kinerja aparatur di Majalengka dalam mewujudkan Majalengka Raharja.

"Saya berpesan kepada jajaran Pemkab Majalengka untuk tidak berpuas diri untuk kebaikan serta terus berupaya menggunakan APBD dengan lebih efektif dan efisien," jelas Karna.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved