hari Pers Nasional 2020

Hari Pers Nasional, Bupati Majalengka: Insan Pers Harus Menjaga Martabat Serta Kode Etik Jurnalistik

Karna Sobahi menurutkan, dalam memaknai HPN 2020 ini, pers harus menjadi sarana serta memfasilitasi edukasi bagi masyarakat.

Hari Pers Nasional, Bupati Majalengka: Insan Pers Harus Menjaga Martabat Serta Kode Etik Jurnalistik
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Bupati Majalengka Karna Sobahi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyebutkan Hari Pers Nasional (HPN) merupakan momentum dalam meningkatkan profesionalitas dan jaga kode etik jurnalistik.

Diketahui, HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Karna Sobahi menurutkan, dalam memaknai HPN 2020 ini, pers harus menjadi sarana serta memfasilitasi edukasi bagi masyarakat.

"Dewasa ini pers dituntut merefleksikan dirinya sebagai sumber pembelajaran masyarakat. Karena, pers sebagai wahana yang paling efektif dalam menginformasikan sekaligus kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah," ujar Karna, Senin (10/2/2020).

Disampaikannya, selain sebagai media informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, pers juga harus menjadi mitra Pemerintah dalam menginformasika setiap target maupun capain Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Sehingga, dengan cara seperti itu, jelas dia, pers akan menjadikan posisinya sebagai central keseimbangan pemahaman informasi kepada masyarakat.

"Melalui momentum HPN ini, izinkan saya mengucapkan selamat HPN. Semoga dunia pers dengan segala potensi dan daya dukungnya, dapat terus meningkatkan profesionalitas insan pers dalam menjaga martabat serta kode etik jurnalistiknya," ucapnya.

VIRAL Suami Seorang Polisi Selingkuh dengan Wanita Lain, Anak Wakapolda Babel Curhat Begini

Sebut Avengers End Games di Depan Parleman Australia, Presiden Jokowi: Harus Saling Kolaborasi

Dirinya pun berharap, ke depan, para wartawan atau jurnalis di Indonesia dapat memberikan informasi yang akurat, kompeten dan berkualitas.

Tanpa, ada unsur kebohongan atau berita hoax.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved