LONGSOR Hantam Sebuah Vila & Rusak 2 Rumah di Purwakarta, Sempat Putus Jalan, Warga Bersihkan Tanah

di saat longsor yang pertama terjadi dia sempat langsung ke lokasi untuk menutup jalan agar tak ada yang melintas.

LONGSOR Hantam Sebuah Vila & Rusak 2 Rumah di Purwakarta, Sempat Putus Jalan, Warga Bersihkan Tanah
TribunJabar.id/M Nandri Prilatama
Longsor terjadi di Kampung Cileuweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Sabtu (8/2/2020), menimpa 3 unit bangunan yang satu di antaranya ada sebuah villa. 

Laporan Wartawan Tribun, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, PURWAKARTA - Longsor terjadi di Kampung Cileuweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Sabtu (8/2/2020), menimpa 3 unit bangunan yang satu di antaranya sebuah vila.

Asep Hasan (29), warga setempat saksi mata sekaligus Kepala Dusun Desa Bojong Timur, menuturkan awal mula kejadian longsor ini terjadi. Menurutnya, longsor terjadi dua kali dengan longsor pertama terjadi semalam pukul 22.00 wib (7/2/2020) di bagian tebing bawah jalan antara Kampung Cibinbin dengan Cileuweung.

"Longsor susulan terjadi sejam kemudian dengan bagian tebing atau atas jalan yang hanya berjarak 20 meter dari longsor pertama. Akses jalan sempat terputus oleh longsor yang kedua karena tebing longsor dan material tanah menutupi jalan," ujar Asep di lokasi.

Asep juga menggambarkan di saat longsor yang pertama terjadi dia sempat langsung ke lokasi untuk menutup jalan agar tak ada yang melintas. Tapi, tiba-tiba longsor susulan pun terjadi dan mengagetkannya.

"Pas ada kabar jam 10 malam terjadi longsor saya langsung ke lokasi dan kondisi pun gelap dengan hanya penerangan seadanya. Saat saya sedang pasang pembatas tiba-tiba longsor yang tebing di atas buat saya panik dan lari sampai nabrak pembatas," ujarnya seraya menyebut saat longsor susulan itu terdapat 3 warga lainnya di lokasi.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, sejumlah warga masyarakat tampak bahu membahu gotong royong membersihkan material-material longsor yang menutupi jalan. Tak hanya warga, tampak pula di lokasi para petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta melakukan penyemprotan material lumpur yang berceceran di jalanan.

Tebing yang longsor hingga menutupi jalan itu setinggi 25 meter. Sedangkan longsor yang pertama itu berada di ketinggian 30 meter dan menimpa bagian musala vila.

Nella Kharisma Mesra dengan Duda Ganteng, Dody Harsa, Padahal Cak Malik Disebut adalah Suami Nella

Lagi Menikmati Bulan Madu di Atas Kapal Pesiar, Pria Asal Inggris Malah Terinfeksi Virus Corona

Pasangan Suami Istri Baru Adopsi Anjing, di Rumah Malah Tergiur Menyantapnya, Dimakan Tanpa Sisa

Beruntung dalam kejadian longsor ini tak ada korban jiwa, karena berdasarkan informasi warga yang biasa berjaga di villa tersebut ketika longsor terjadi tengah tak berada di lokasi.

"Alhamdulillah gak ada korban. Hanya bangunan-bangunan yang rusak tiga unit. Villa juga pemiliknya orang Bekasi atasnama H Suyoto," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved