Alami Pedangkalan Permukaan Tanah, Situ Cijingga Majalengka Bakal Dinormalisasi

Situ Cijingga yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka mengalami pendangkalan permukaan tanah akibat sedimentasi.

Alami Pedangkalan Permukaan Tanah, Situ Cijingga Majalengka Bakal Dinormalisasi
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Majalengka, Iman Firmansyah 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (K3P) Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah menjanjikan pelaksanaan Normalisasi Situ Cijingga.

//

Diketahui, Situ Cijingga yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka mengalami pendangkalan permukaan tanah akibat sedimentasi.

Foto-foto Pemandu Lagu Cantik di Cirebon Edarkan Sabu-sabu, Untuk Biaya Persalinan & Beli Susu Anak

Hal tersebut menyebabkan  pesawahan sekitar 270 hektar yang berada di area Situ Cijingga terancam gagal panen akibat kurangnya pasokan air.

Iman menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Majalengka serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

Pihaknya bersama dinas terkait akan mulai menormalisasi situ yang menjadi penyebab kurangnya pasokan air ke area pesawahan yang ada di sekitarnya.

Reynhard Sinaga Divonis 30 Tahun Penjara, Kondisi Penjaranya Mirip Azkaban dalam Harry Potter

Draft Jadwal Pertandingan Persib Bandung di Liga 1 2020, Pekan Kedua Big Match Lawan Arema FC

"Kami sudah berkoodinasi dengan pihak dinas maupun BBWS agar segera melakukan pengerukan situ itu agar tidak dangkal. Agar tidak membuat kerugian masyarakat banyak," ujar Iman, Selasa (4/2/2020).

Menyinggung terkait waktu pelaksanaannya, Iman menyampaikan, pihaknya masih menyiapkan surat untuk memberitahukan kepada pihak-pihak tersebut.

Namun, dirinya memastikan pelaksanaan penormalisasian Situ Cijingga akan dilaksanakan pada 2020 ini.

Mengaku Baru 3 Bulan Bisnis Barang Haram, PL Cantik Cirebon Ini Kerap Berjualan di Kos-kosan Saja

"Di tahun ini pastinya akan dilakukan pengerukan, agar tidak menyebabkan banjir dan bisa membahayakan serta merugikan kepada para pengusaha sawah," ucapnya.

Iman menambahkan, selain penormalisasian situ yang memiliki luas 14 hektar itu, pihaknya juga akan melakukan pengerukan situ atau lokasi penampungan air lainnya.

Namun, pihaknya perlu adanya pendataan lokasi mana saja yang terjadi pendangkalan seperti Situ Cijingga.

Teddy Ungkap Foto-foto Pernikahannya dengan Lina, Ia Bantah Nikah Siri dan Tak Disetujui Keluarga

"Kami secepatnya akan melakukan rapat dan membahas situ-situ mana saja yang ada saat ini sebagai wadah atau penampungan air yang sudah dangkal," kata Iman.

"Ini menjadi perhatian kami, karena jika tidak secepatnya dilakukan pengerukan akan merugikan pemukiman warga atau area pesawahan, bukan bermanfaat yang ada," jelasnya.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved