Virus Corona Mewabah

Lawan Wabah Virus Corona, Amerika Serikat Berupaya Kembangkan Vaksin, Paksa China Mau Kerja Sama

Wabah virus corona telah menyebar ke beberapa negara. Kini Amerika Serikat (AS) berupaya mengembangkan vaksin untuk menangani virus corona.

Lawan Wabah Virus Corona, Amerika Serikat Berupaya Kembangkan Vaksin, Paksa China Mau Kerja Sama
bbc.co.uk/kompas.com
Virus Corona kini menyerang Wuhan China dan bisa menyebar ke Indonesia. Waspada! 

TRIBUNCIREBON.COM - Wabah virus corona telah menyebar ke beberapa negara. Kini Amerika Serikat (AS) berupaya mengembangkan vaksin untuk menangani virus corona.

//

Selain itu, Amerika Serikat juga berupaya mendesak pemerintah China untuk meningkatkan kerja sama dengan otoritas kesehatan internasional.

Menurut pejabat Institut Kesehatan Nasional (NIH) Anthony Fauci, mereka sudah membantuk tim untuk mempelajari data mentah soal virus corona.

"Kami sudah memulainya di NIH, dan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengembangkan vaksin itu," terang Fauci dikutip AFP Selasa (28/1/2020).

 Korban Meninggal Akibat Virus Corona di China Bertambah, Total Mencapai 132 Orang

Nantinya, proses fase pertama uji coba bakal dilakukan selama tiga bulan, kemudian tiga bulan lainnya adalah melalukan pengumpulan data.

Proses pengumpulan data dilakukan sebelum AS memulai fase kedua, di mana pengembangan obatnya bakal diambil alih firma bioteknik, Moderna.

"Kami melakukannya seakan kami sudah harus mengirim vaksinnya. Dengan kata lain, kami harus siap dengan skenario terburuk, penyakit ini bakal jadi wabah besar," papar Fauci.

China menerima kritikan buntut cara mereka menangani Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) yang menjadi wabah di daratan utama dan Hong Kong pada 2002-2003, di mana ratusan orang terbunuh.

Fauci mengatakan, saat wabah itu merebak ke seluruh dunia, sebenarnya ilmuwan sudah mengembangkan vaksin. Namun belum pernah digunakan.

 Apakah Virus Corona Menular Lewat Barang hingga Makanan? Ini Penjelasannya

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved