Dandim 0617 Majalengka Ingatkan Masyarakat Selalu Waspada Bencana Alam

Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah terus mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana alam.

Dandim 0617 Majalengka Ingatkan Masyarakat Selalu Waspada Bencana Alam
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah terus mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana alam.

//

Diketahui, di musim penghujan tahun ini, Kabupaten Majalengka termasuk wilayah berpotensi bencana longsor, banjir maupun pergerakan tanah.

Oleh karena itu, dirinya menyampaikan agar masyarakat dapat segera melaporkan atas segala kejadian yang terjadi di wilayah masing-masing.

 

Ilustrasi: Persebaran virus corona. (Foto: medscape.com/gisanddata.maps.arcgis.com)
Ilustrasi: Persebaran virus corona. (Foto: medscape.com/gisanddata.maps.arcgis.com) (Kolase Tribun Jabar)

"Tak hanya mengingatkan masyarakat yang berada di daerah potensi bencana, saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan berdampak bencana tanah longsor, pergerakan tanah dan banjir serta lainnya," ujar Letkol Inf Harry, Selasa (28/1/2020).

Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa di suatu peristiwa bencana, Dandim juga juga terus menekankan agar para Babinsa terus siaga dalam memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangannya.

Hal itu bertujuan, agar semua Babinsa terus bekerja sama dengan aparat desa dan elemen masyarakat apabila terjadi peristiwa bencana.

"Sesuai peta situasi di Koramil masing-masing, kami imbau agar diantisipasi karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan," ucapnya.

 Dandim 0617 Majalengka Imbau Warga untuk Waspada Terkait Meluapnya Sungai Cibodas

Maka, lanjut Dandim, dengan adanya suatu bencana agar bisa segera diambil tindakan penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian di lapangan.

Khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan pergerakan tanah, banjir maupun kejadian lainnya.

Selain itu, Dandim.juga meminta para Babinsa juga membantu mengingatkan warga binaannya, terutama yang rumahnya di bangun di area rawan bencana.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya bencana alam yang dapat menyebabkan korban jiwa.

"Para Babinsa lakukan Komsos secara aktif, mengingatkan bagi warga masyarakat waspadai cuaca ekstrem musim hujan tahun ini. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban yang besar," jelasnya.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved