Songsong Tahun Shio Tikus Logam, Ini Pesan Imlek 2020 dari Bupati Purwakarta

Dalam Kelenteng Budi Asih ini terdapat tiga patung utama yang menjadi titik ibadah umat Konghucu di Purwakarta

Songsong Tahun Shio Tikus Logam, Ini Pesan Imlek 2020 dari Bupati Purwakarta
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Suasana peribadahan di Vihara Pemancar Keselamatan Majalengka, Sabtu (18/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada umat Konghucu yang ada di Kabupaten Purwakarta. Imlek tahun ini jatuh pada Sabtu (25/1/2020).

Kelenteng satu-satunya di Kabupaten Purwakarta ialah Kelenteng Budi Asih yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Peringatan tahun baru imlek tahun ini merupakan menjadi pergantian shio dari shio babi tanah menjadi shio tikus logam.

"Atas nama pemerintah daerah Purwakarta dan selaku bupati saya ucapkan selamat tahun baru imlek," ujar Ambu di Gedung Negara, Jumat (24/1/2020).

Ambu Anne juga mengatakan imlek tahun ini berisikan pesan-pesan perdamaian antarumat beragama untuk saling menghormati, menghargai, dan mencintai.

"Semoga kedamaian akan ada di Kabupaten Purwakarta ini, terutama untuk umat beragama," ujarnya. 

Sementara itu, puluhan umat Konghucu melakukan sembahyang di malam imlek di Kelenteng Budi Asih Purwakarta yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jumat (24/1/2020).

Vina Drop Saat Video Mesum 3 Lawan 1 Vina Garut Diputar di Persidangan, Pemeran Cowok Bilang Fantasi

Penampilan Mulan Jameela Dikritik saat Rapat DPR, Saltum Celananya Disebut Kayak Mau Piknik

Bibi Ardiansyah Blak-blakan Umbar Rahasia Malam Pertama dengan Vanessa Angel: Begini Rasanya

Gemerlap lampu lampion serta nyalanya lilin dan wanginya dupa tampak terasa di Kelenteng Vihara Budi Asih ini. Satu per satu umat silih berganti melakukan sembahyang dengan terlebih dahulu memberikan penghormatan kepada tuan rumah di Kelenteng Budi Asih, yakni Dewa Kong Co Wan Kong yang merupakan panglima perang.

Pengurus Kelenteng Budi Asih, Cecep Hariante atau biasa disebut Song Tek Sian mengungkapkan para umat silih berdatangan hingga menjelang malam nanti dan dilanjut besok hari. Song Tek Sian berharap di peringatan imlek 2020 ini kedamaian dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia di dunia.

"Kemeriahan imlek tahun ini masih belum tampak karena belum ada semua yang datang. Semoga imlek tahun ini bisa lebih baik dari imlek sebelumnya," ujarnya di lokasi, Jumat (24/1/2020).

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved