Breaking News:

Benda Misterius di Losarang

TACB Indramayu Bilang, Benda Misterius di Halaman Kantor Kecamatan Losarang Itu Temuan Baru

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu belum bisa memastikan. . .

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Benda misterius yang disebut masyarakat kong saat digali di Halaman Belakang Kantor Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Senin (13/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu belum bisa memastikan benda apa yang terkubur di halaman belakang Kantor Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

//

Ketua TACB Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi mengatakan, benda peninggalan kolonial yang selama ini sudah ditemukan tidak ada yang memiliki bentuk serupa dengan benda misterius yang terkubur di halaman belakang Kantor Kecamatan Losarang itu.

Atau dengan kata lain, bentuk dari benda misterius itu merupakan bentuk temuan yang baru.

"Sampai saat ini belum ada bangunan serupa. Seperti di Jatiwangi (Kecamatan di Majalengka) juga pernah ada temuan, tapi tidak seperti ini," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di lokasi terkuburnya benda misterius tersebut, Senin (13/1/2020).

Menurut Dedy S Musashi, jika melihat dari bentuk benda tersebut diperkirakan benda misterius ini merupakan sebuah wadah.

Hal itu diperkuat dengan bentuk benda yang menyerupai tabung yang berlubang di atasnya lengkap dengan sebuah tutupnya.

Namun, ia tidak bisa memastikan digunakan untuk fungsi apa benda tersebut.

Pantauan Tribuncirebon.com, benda misterius itu sudah digali sedalam 5 meter, namun hingga sekarang belum ditemui ujung tepi bawahnya.

Benda itu berbentuk seperti tabung besar, hingga saat ini belum diketahui secara pasti seberapa besar benda misterius tersebut.

Benda misterius itu juga memiliki lubang di atasnya, lubang itu memiliki diameter sebesar 2 meter.

Benda ini diduga terbuat dari bata merah yang tersusun rapi dengan perekat bubuk bata dicampur kapur pada bagian tengahnya.

Sedangkan pada bagian atas, seperti terbuat dari beton.

Menindaklanjuti temuan ini, TACB Kabupaten Indramayu akan melaporkan benda misterius ini ke Balai Arkeologi Jawa Barat di Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Banten.

"Biar nanti tim ahli yang akan meneliti ini bangunan apa, tapi yg jelas ini adalah bangunan kolonial tinggalan dari masa-masa Belanda atau Jepang," ujarnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved