Sidang Perdana Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa, Jaksa Tuding Iwa Terima Rp 900 Juta dari Meikarta

Iwa tidak mengajukan keberatan atau eksepsi atas dakwaan jaksa sekalipun ia lewat kuasa hukumnya, merasa ada yang tidak tepat

Sidang Perdana Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa, Jaksa Tuding Iwa Terima Rp 900 Juta dari Meikarta
(KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN)
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa ditahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seusai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi 

Laporan Wartawan Tribun, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Tidak ada cerita baru dalam kasus dugaan penerimaan uang oleh Sekda Jabar non aktif Iwa Karniwa dari Waras Wasisto yang diungkap jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus Bandung, Senin (13/1/2020).

Pasalnya, rangkaian peristiwa pemberian uang pada Iwa sudah diungkap di persidangan kasus suap perizinan Meikarta dengan terdakwa Billy Sindoro, Fitradjaja Purnama, Henry Jasmen dan Taryudi pada tahun lalu. Peran mereka sebagai pemberi suap. Mereka sudah divonis bersalah.

"Nanti di fakta persidangan akan terungkap sejauh mana peran dan siapa saja yang mengetahui peristiwa tersebut secara utuh," ujar Jaksa KPK, Yadyn seusai sidang.

Dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum KPK, Yadyn, menguraikan perbuatan penerimaan uang senilai Rp 900 juta pada Iwa.

Penerimaan uang itu bermula dari Raperda RDTR Pemkab ‎Bekasi yang mengakomodasi kepentingan proyek Meikarta. Raperda RDTR itu memerlukan persetujuan substantif dari Pemprov Jabar.

Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi Neneng Rahmi, yang telah divonis bersalah karena kasus suap perizinan Meikarta dan Henry Lincoln Sekretaris Dinas PUPR, meminta bantuan pada Waras Wasisto anggota DPRD Jabar.

Mereka kemudian bertemu dengan Iwa Karniwa di rest area KM 72 Tol Cipularang.

"Setelah pertemuan itu, terdakwa meminta Waras agar menyampaikan pada Henry Lincoln dan Neneng Rahmi agar menyediakan uang Rp 1 M untuk persiapan Pilgub Jabar ‎dan operasional pembelian banner atau spanduk," ujar Yadyn dalam dakwaannya.

Imajinasi Ahmad Dhani Soal Tubuh Wanita Bikin Ashanty Waswas, Peringatkan Mulan Jameela

Cewek Ini Pasang Foto Cantik Demi Gaet Cowok Hidung Belang, Setelah Kencan Dikuras Harta Bendanya

Adapun sumber uang berasal dari Satriyadi dari PT Lippo Cikarang selaku pemilik proyek Meikarta. Uang diberikan ke Neneng Rahmi dan Henry Lincoln kemudian

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved